EKONOMI VIII RPP 4
RENCANA PEMBELAJARAN IV
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Ketenagakerjaan
Kelas : VIII (delapan)
Waktu : 10 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya.
B. Indikator
Menjelaskan pengertian penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang pengertian penduduk, tenaga kerja, dan angkatan kerja.
2. Siswa membaca materi tentang penduduk, tenaga kerja, dan angkatan kerja.
3. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
4. Guru memberi tes lisan kepada siswa
E. Penilaian
1. Kemampuan siswa dalam memahami materi
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara lisan.
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya.
B. Indikator
Menganalisis hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, dan pengangguran.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, dan pengangguran.
2. Siswa membaca materi dari buku materi maupun dari buku referensi lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3. Siswa dan guru mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
3. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
4. Siswa diminta untuk mendiskusikan dengan teman sebangkunya untuk menganalisis dan menjelaskan hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, dan pengangguran.
5. Guru menyimpulkan materi hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, dan pengangguran.
4. Guru memberi tes tertulis kepada siswa.
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya.
B. Indikator
Mengidentifikasi permasalahan pengangguran di Indonesia.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang permasalahan pengangguran di Indonesia.
2. Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab.
4. Siswa diminta untuk mengamati faktor-faktor apakah yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran di lingkungan masyarakat sekitarnya.
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tugas siswa
IV. Pertemuan ke-4
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya.
B. Indikator
Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang dampak pengangguran terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.
2. Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
3. Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4. Guru memberikan tugas individu yang dikerjakan di rumah.
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tugas siswa
V. Pertemuan ke-5
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya.
B. Indikator
Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
2. Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
3. Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4. Guru menyimpulkan materi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia.
5. Guru memberikan tugas individu yang dikerjakan di rumah.
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tugas siswa
No comments:
Post a Comment