Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

20 April 2011

Ekonomi SMP VIII RPP 4



EKONOMI VIII RPP 4

                        RENCANA PEMBELAJARAN IV

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Ketenagakerjaan
Kelas                  :     VIII (delapan)
Waktu                :     10 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber                        daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya                                         penanggulangannya.
         B.     Indikator
                  Menjelaskan pengertian penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang pengertian penduduk, tenaga kerja, dan                                 angkatan kerja.
                  2.      Siswa membaca materi tentang penduduk, tenaga kerja, dan angkatan                                       kerja.
                  3.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  4.      Guru memberi tes lisan kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  2.      Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara                                 lisan.

II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber                        daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya                                         penanggulangannya.
         B.     Indikator
                  Menganalisis hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, dan                                     pengangguran.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang hubungan antara jumlah penduduk,                                        angkatan kerja, dan pengangguran.                                          
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi maupun dari buku referensi lain                          yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Siswa dan guru mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                          jawab.
                  3.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
                  4.      Siswa diminta untuk mendiskusikan dengan teman sebangkunya untuk                                     menganalisis dan menjelaskan hubungan  antara jumlah penduduk,                                         angkatan kerja, dan pengangguran.
                  5.      Guru menyimpulkan materi hubungan antara jumlah penduduk, angkatan                                 kerja, dan pengangguran.
                  4.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber                        daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya                                         penanggulangannya.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi permasalahan pengangguran di Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan sekitar siswa
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang permasalahan pengangguran di                                               Indonesia.
                  2.      Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab.
                  4.      Siswa diminta untuk mengamati faktor-faktor apakah yang menjadi                                          penyebab terjadinya pengangguran di lingkungan masyarakat sekitarnya.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tugas siswa

IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber                        daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya                                         penanggulangannya.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang dampak pengangguran terhadap kegiatan                               ekonomi masyarakat.
                  2.      Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                          jawab.
                  4.      Guru memberikan tugas individu yang dikerjakan di rumah.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tugas siswa

V.     Pertemuan ke-5
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber                        daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya                                         penanggulangannya.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di                         Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang peranan pemerintah sebagai                                                    pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
                  2.      Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                          jawab.
                  4.      Guru menyimpulkan materi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah                                 tenaga kerja di Indonesia.
                  5.      Guru memberikan tugas individu yang dikerjakan di rumah.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tugas siswa

No comments: