EKONOMI VIII RPP 2
RENCANA PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Pelaku-pelaku Ekonomi
Kelas : VIII (delapan)
Waktu : 6 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara.
B. Indikator
1. Mendeskripsikan pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia.
2. Mengidentifikasi peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS dan Koperasi).
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dsn MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan secara garis besar materi tentang pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia, serta peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal.
2. Siswa membaca buku-buku yang relevan dengan materi.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab secara lisan.
4. Setelah tanya jawab selesai, dan siswa sudah mengerti materi pelajarannya, guru menyimpulkan materi pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia, peranan, dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal.
5. Siswa diminta mengerjakan soal-soal ulangan harian berupa tes tertulis yang diberikan oleh guru.
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap pemahaman materi siswa.
2. Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
3. Penilaian terhadap hasil ulangan harian.
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara.
B. Indikator
1. Mengidentifikasi pokok-pokok perkoperasian di Indonesia (pengertian, landasan, asas, sejarah, keanggotaan, sumber modal, prinsip-prinsip).
2. Mengidentifikasi tentang cara pendirian, tujuan, peranan, ciri-ciri, manfaat, RAT, cara pembagian SHU, pembubaran, dan jenis-jenis usaha koperasi.
3. Mampu menampilkan simulasi dalam tata cara pendirian koperasi.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru membagi siswa dalam 8 kelompok yang berangggotakan 5-6 siswa (tergantung jumlah siswa).
2. Kelompok 1 diminta mengerjakan tugas untuk menjelaskan pengertian dan ciri-ciri koperasi.
3. Kelompok 2 diminta menjelaskan landasan, asas, dan tujuan koperasi.
4. Kelompok 3 diminta mengerjakan tugas menjelaskan tentang sejarah koperasi.
5. Kelompok 4 diminta mengerjakan tugas menjelaskan keanggotaan dan RAT
6. Kelompok 5 diminta mengerjakan tugas menjelaskan tentang peranan, prinsip-prinsip dan manfaat koperasi.
7. Kelompok 6 diminta menjelaskan cara pendirian dan pembubaran koperasi.
8. Kelompok 7 diminta menjelaskan tentang permodalan dan SHU.
9. Kelompok 8 diminta menyebutkan, membedakan, dan menjelaskan jenis koperasi.
10. Kelompok 1-8 diminta mempraktekkan tata cara berdirinya koperasi.
11. Setelah selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
12. Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, berupa kritikan maupun saran.
13. Guru memberikan komentar, meluruskan, menambahkan hal-hal yang penting, dan memberi kesimpulan.
E. Penilaian
1. Kemampuan siswa dalam memahami materi
2. Penilaian aktivitas diskusi kelompok
3. Penilaian aktivitas presentasi
Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi
No | Nama Siswa | Kegiatan | Penyampaian | Menanggapi Gagasan | Menjawab | Bertanya | Mengkritik | Presentasi | Total |
| | | | | | | | | |
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara.
B. Indikator
1. Menjelaskan peranan para pelaku ekonomi.
2. Menjelaskan hubungan antarpelaku ekonomi.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru memberikan secara garis besar materi tentang peranan para pelaku ekonomi dan menjelaskan hubungan antarpelaku ekonomi.
2. Siswa membaca buku materi, maupun buku-buku referensi lain yang relevan dengan materi.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi peranan para pelaku ekonomi dan menjelaskan hubungan antarpelaku ekonomi.
4. Guru menyimpulkan materi.
E. Penilaian
1. Kemampuan siswa dalam memahami materi.
2. Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab.
3. Penilaian terhadap jawaban siswa dalam menjawab tes secara lisan
No comments:
Post a Comment