EKONOMI VII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang Bermoral
Kelas : VII (tujuh)
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan.
B. Indikator
Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa
D. Skenario Pembelajaran
1. Sebagai pembuka guru menjelaskan materi tentang hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
2. Siswa membaca materi tentang hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
4. Siswa diminta memberikan contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari kegiatan manusia sebagai makhluk sosial, maupun sebagai makhluk ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
5. Guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi tentang manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
B. Indikator
Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk social dan ekonomi yang bermoral
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan siswa
D. Skenario Pembelajaran
a. Siswa membaca materi tentang makna manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
b. Siswa diminta untuk menguraikan makna manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
c. Siswa dibagi dalam 8 kelompok diskusi
d. Masing-masing kelompok beranggotakan 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa)
e. Kelompok 1-4 diberi tugas memberikan contoh yang nyata manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari
f. Kelompok 5-8 diberi tugas memberikan contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari tentang manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
g. Setiap kelompok diminta membuat laporan hasil diskusi
h. Setelah selesai masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas
i. Siswa kelompok lain memberikan tanggapan dan masukan
j. Guru memberikan komentar, melurusan atau menambahkan hal-hal yang penting, serta memberikan kesimpulan
E. Penilaian
a. Kemampuan siswa dalam memahami materi
b. Penilaian aktivitas diskusi baik kelompok maupun individu
c. Penilaian presentasi
d. Penilaian hasil diskusi
Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi
No | Nama Siswa | Kegiatan | Penyampaian | Menanggapi Gagasan | Menjawab | Bertanya | Mengkritik | Presentasi | Total |
| | | | | | | | | |
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk social dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
B. Indikator
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
2. Siswa membaca buku referensi tentang ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang ciri-ciri manusia sebagai makhluk social dan ekonomi yang bermoral
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila terdapat materi yang belum jelas
5. Guru memberikan pertanyaan secara tertulis kepada siswa
6. Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan, kemudian setelah selesai mengumpulkan kepada guru
E. Penilaian
1. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara tertulis
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
IV. Pertemuan ke-4
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
B. Indikator
Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk social dan ekonomi yang bermoral
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Eknomi
§ Alat tulis lengkap
§ Lingkungan sekitar siswa
§ Buku Ekonomi SMP dsn MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan secara garis besar materi tentang hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
2. Siswa membaca buku-buku yang relevan dengan materi
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab secara lisan
4. Siswa diberi tugas melakukan pengamatan di lingkungan sekitar siswa tentang kegiatan yang mencerminkan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap pemahaman materi siswa
2. Penilaian terhadap tugas siswa
No comments:
Post a Comment