20 April 2011

Ekonomi SMP VII RPP 2



EKONOMI VII RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Tindakan Ekonomi berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi
Kelas                  :     VII (tujuh)
Waktu                :     6 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip                                            ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya                                       yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang perilaku manusia dalam pemanfaatan                                     sumber daya untuk memenuhi kebutuhannya
                  2.      Siswa membaca materi tentang perilaku manusia dalam pemanfaatan                                         sumber daya untuk memenuhi kebutuhannya 
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi     
                  4.      Siswa diminta menceritakan perubahan-perubahan yang terjadi pada                                         perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya untuk memenuhi                                             kebutuhannya
                  5.      Siswa secara individu diminta untuk memberikan pendapat tentang                                           sikap dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi

II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip                                            ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan tindakan ekonomi yang dilakukan manusia
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan sekitar siswa
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang tindakan ekonomi
                  2.      Siswa membaca materi tentang tindakan ekonomi yang dilakukan                                             manusia 
                  3.      Sambil menjelaskan, guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang                                         tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
                  4.      Siswa diminta memberi contoh tindakan ekonomi rasional yang                                                 dapat  mereka lakukan sebagai seorang pelajar
                  5.      Siswa secara individu diminta memberi contoh tindakan ekonomi                                              rasional yang dilakukan manusia di lingkungan sekitar mereka
                  6.      Guru memberikan tes tetulis
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Penilaian terhadap hasil tes tertulis
                  3.      Kemampuan siswa dalam memahami materi

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip                                            ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi motif ekonomi dari suatu tindakan ekonomi
                  2.      Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip ekonomi
                  3.      Mengidentifikasi macam-macam motif dan prinsip ekonomi
                  4.      Mengaplikasikan kegiatan/tindakan ekonomi dalam kehidupan                                                  sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
                  5.      Mengidentifikasi manfaat prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-                                             hari
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan sekitar siswa
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru memberikan secara garis besar materi tentang motif dan                                                    prinsip ekonomi
                  2.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang beranggotakan 5-6 orang                                      (tergantung jumlah siswa) 
                  3.      Kelompok 1-4 diberi tugas untuk mendefinisikan pengertian motif                                            ekonomi,mengidentifikasi macam-macam motif ekonomi. Kemudian                                      memberi contoh kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di                                               lingkungan sekitar siswa dalam kehidupan sehari-hari yang berdasarkan                                             motif ekonomi
                  4.      Kelompok 5-8 diberi tugas mendefinisikan pengertian prinsip  ekonomi,                                    mengidentifikasi macam-macam dan manfaat prinsip  ekonomi. Kemudian                            memberi contoh kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di                                               lingkungan sekitar siswa dalam kehidupan sehari-hari yang berdasarkan                                             prinsip ekonomi.
                  5.      Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil                                              diskusi ke depan kelas
                  6.      Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, berupa kritikan                                                     maupun saran
                  7.      Guru memberikan komentar, meluruskan atau menambahkan hal-hal                                          yang penting, serta memberi kesimpulan
         E.      Penilaian
                  1.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  2.      Penilaian aktivitas diskusi kelompok
                  3.      Penilaian aktivitas presentasi


Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi

No
Nama Siswa
Kegiatan
Penyampaian
Menanggapi Gagasan
Menjawab
Bertanya
Mengkritik
Presentasi
Total




















No comments: