EKONOMI VII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Tindakan Ekonomi berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi
Kelas : VII (tujuh)
Waktu : 6 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.
B. Indikator
Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang perilaku manusia dalam pemanfaatan sumber daya untuk memenuhi kebutuhannya
2. Siswa membaca materi tentang perilaku manusia dalam pemanfaatan sumber daya untuk memenuhi kebutuhannya
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi
4. Siswa diminta menceritakan perubahan-perubahan yang terjadi pada perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya untuk memenuhi kebutuhannya
5. Siswa secara individu diminta untuk memberikan pendapat tentang sikap dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.
B. Indikator
Mendeskripsikan tindakan ekonomi yang dilakukan manusia
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang tindakan ekonomi
2. Siswa membaca materi tentang tindakan ekonomi yang dilakukan manusia
3. Sambil menjelaskan, guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
4. Siswa diminta memberi contoh tindakan ekonomi rasional yang dapat mereka lakukan sebagai seorang pelajar
5. Siswa secara individu diminta memberi contoh tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia di lingkungan sekitar mereka
6. Guru memberikan tes tetulis
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Penilaian terhadap hasil tes tertulis
3. Kemampuan siswa dalam memahami materi
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.
B. Indikator
1. Mengidentifikasi motif ekonomi dari suatu tindakan ekonomi
2. Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip ekonomi
3. Mengidentifikasi macam-macam motif dan prinsip ekonomi
4. Mengaplikasikan kegiatan/tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
5. Mengidentifikasi manfaat prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari- hari
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru memberikan secara garis besar materi tentang motif dan prinsip ekonomi
2. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang beranggotakan 5-6 orang (tergantung jumlah siswa)
3. Kelompok 1-4 diberi tugas untuk mendefinisikan pengertian motif ekonomi,mengidentifikasi macam-macam motif ekonomi. Kemudian memberi contoh kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di lingkungan sekitar siswa dalam kehidupan sehari-hari yang berdasarkan motif ekonomi
4. Kelompok 5-8 diberi tugas mendefinisikan pengertian prinsip ekonomi, mengidentifikasi macam-macam dan manfaat prinsip ekonomi. Kemudian memberi contoh kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di lingkungan sekitar siswa dalam kehidupan sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi.
5. Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas
6. Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, berupa kritikan maupun saran
7. Guru memberikan komentar, meluruskan atau menambahkan hal-hal yang penting, serta memberi kesimpulan
E. Penilaian
1. Kemampuan siswa dalam memahami materi
2. Penilaian aktivitas diskusi kelompok
3. Penilaian aktivitas presentasi
Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi
No | Nama Siswa | Kegiatan | Penyampaian | Menanggapi Gagasan | Menjawab | Bertanya | Mengkritik | Presentasi | Total |
| | | | | | | | | |
No comments:
Post a Comment