Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

20 April 2011

Ekonomi SMP VIII RPP 6



EKONOMI VIII RPP 6

RENCANA PEMBELAJARAN VI

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Pajak
Kelas                  :     VIII (delapan)
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian pajak, retribusi dan iuran.
                  2.      Menganalisis prinsip-prinsip perpajakan.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan pengertian pajak, retribusi, iuran, dan prinsip-                                                prinsip perpajakan.
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku                                         lain yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                          jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Guru memberikan tes lisan kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                 
II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.                            
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi unsur-unsur pajak.
                  2.      Menjelaskan fungsi pajak dalam kehidupan suatu negara.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa diminta untuk terlebih dahulu membaca buku materi, maupun buku-                               buku lain yang relevan dengan materi pelajaran unsur-unsur pajak, dan                                               fungsi pajak dalam kehidupan suatu negara.
                  2.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang unsur-unsur pajak, dan fungsi                                  pajak.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
                  5.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tes tertulis siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.                            
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi jenis-jenis pajak.
                  2.      Menyebutkan undang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Bukti pembayaran pajak
§    Brosur-brosur tentang pajak
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang jenis-jenis pajak.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                          jawab.
                  4.      Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 5-6 siswa.
                  4.      Masing-masing kelompok diminta untuk mengerjakan PR yang diberikan                                     oleh guru untuk mencari, mengumpulkan bukti pembayaran pajak,                                               kemudian mengidentifikasi termasuk ke dalam jenis pajak apa?
                  5.      Guru memberitahukan batas waktu pengumpulan tugas.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil pekerjaan rumah

IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.                            
         B.     Indikator
                  1.      Memberi contoh pemungutan pajak dalam kehidupan sehari-hari.
                  2.      Mengidentifikasi sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan                                        kewajibannya.
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru memberi contoh dan menjelaskan pemungutan pajak sehari-hari, dan                                sanksi-sanksi yang dikenakan kepada wajib pajak yang melalaikan                                          kewajibannya.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                          jawab.
                  4.      Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 5-6 siswa.
                  5.      Masing-masing kelompok mengerjakan soal penghitungan pajak                                       yang diberikan guru.
                  6.      Setelah selesai, guru dan siswa membahas soal yang diberikan oleh guru.
                  7.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tugas siswa

No comments: