EKONOMI VII SILABUS 2
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : VII
Semester : 2
Standar Kompetensi : 2. Memahami Kegiatan Ekonomi Rakyat
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mendeskripsi-kan Kegiatan Pokok Ekonomi yang Meliputi Kegiatan Konsumsi, Produksi, dan Distribusi Barang/Jasa 2.2 Mendeskripsi-kan Peran Badan Usaha, Termasuk Koperasi sebagai Tempat Berlangsung-nya Proses Produksi dalam Kaitannya dengan Pelaku Ekonomi 2.3 Menggunakan Gagasan Kreatif dalam Tindakan Ekonomi untuk Mencapai Kemandirian dan Kesejahteraan | · Kegiatan Pokok Ekonomi · Pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga · Skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa · Aspek Positif dan Negatif Perilaku Konsumtif · Faktor-faktor yang Memengaruhi Konsumsi · Pengertian Produksi dan Sumber Daya Ekonomi · Macam-macam Sumber Daya Ekonomi · Etika Ekonomi dalam Memanfaatkan Faktor-faktor Produksi · Usaha-usaha yang Dapat Dilakukan Guna Meningkatkan Jumlah dan Mutu Hasil Produksi · Pengertian dan Tujuan Distribusi · Sistem Distribusi · Etika Ekonomi dalam Kegiatan distribusi Barang dan Jasa · Pengertian Perusahaan dan Badan Usaha · Macam-macam Badan Usaha (berdasarkan jumlah tenaga kerja, lapangan usaha, sumber modal, dan bentuk hukum) · Misi/Tujuan Badan Usaha (BUMN, BUMS, Koperasi) · Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis · Mengelola Badan Usaha secara Profesional dan Manusiawi · Peranan Pemerintah sebagai Pelaku dan Pengatur Kegiatan Ekonomi · Kreativitas dalam Tindakan Ekonomi · Pengertian inovatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari · Kemandirian dalam Usaha Meningkatkan Kesejahteraan · Praktik kreativitas dan inovasi • Gagasan dan berlaku kreatif, inovatif, dan kemandirian dalam kehidupan ekonomi | · Membaca buku referensi dari barbagai sumber, kemudian mendiskusikan pengertian dan maçam-macam kegiatan ekonomi · Mendiskusikan pengertian konsumsi, dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa · Berdiskusi dalam kelompok tentang skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa · Mendiskusikan aspek positif dan negatif perilaku konsumtif · Tanya jawab antara guru dengan siswa, antara siswa dengan siswa tentang faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi · Membaca referensi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi · Mendiskusikan macam-macam sumber daya ekonomi · Mendefinisikan pengertian prinsip ekonomi · Membaca referensi dari berbagai macam sumber, kemudian mendiskusikan dengan guru di kelas tentang usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan hasil produksi · Membaca buku referensi dari berbagai sumber tentang pengertian dan tujuan distribusi · Tanya jawab antara guru dan siswa, siswa dan siswa, tentang sistem distribusi, sertã memberi contoh · Mendiskusikan etika ekonomi dalam kegiatan distribusi · Membaca referensi dari berbagai sumber tentang pengertian perusahaan dan badan usaha · Membaca referensi dari berbagai sumber, kemudian berdiskusi dalam kelompok, tentang maçam-macam badan usaha menurut jumlah tenaga kerja, lapangan usaha, sumber modal, dan bentuk hukum · Tanya jawab, dan berdiskusi dengan guru, maupun dengan sesama siswa, tentang misi/tujuan badan usaha (milik negara/daerah, milik swasta, maupun koperasi) · Mendiskusikan beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis · Membaca referensi dari berbagai sumber, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab antara guru dengan siswa, maupun antara siswa dengan siswa · Mendiskusikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi · Mendiskusikan pengertian kreatif dan proses kreativitas dalam tindakan ekonomi, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari · Tanya jawab antara guru dengan siswa, maupun antara siswa dengan siswa di kelas tentang inovatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari · Mendiskusikan pengertian mandiri, kemandirian, dan proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan · Mengklasifikasi hasil produktifitas dan inovasi · Mendiskusikan hasil ekonomi yang kreatif dan inovatif | · Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi · Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa · Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa · Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif · Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi · Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi · Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi · Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi · Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang industri dan pertanian) baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi · Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi · Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, semi langsung, dan tidak langsung) · Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan distribusi · Mendefinisikan pengertian perusahaan dan badan usaha · Mendeskripsikan macam-macam badan usaha · Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (BUMN, BUMS, Koperasi) · Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis · Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi · Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi · Mendefinisikan pengertian kreatif dan proses kreativitas dalam tindakan ekonomi · Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan · Mengidentifikasi proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan · Berlatih mengerjakan sendiri dari kreativitas dan inovasi yang direncanakan · Membuat produk berupa barang/jasa dari sumber daya yang dimiliki | Tes Lisan Tes tertulis Tugas Tes tertulis Tes lisan Tes lisan Tes tertulis Tes tertulis Tes lisan Tes tertulis Tes lisan Tugas kelompok Tes lisan Observasi Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tugas perseorang-an Tes tertulis Tes lisan Tugas individu Tugas Tes unjuk kerja | Daftar Pertanyaan Tes uraian PR Uraian bebas Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan Uraian bebas Uraian bebas Daftar pertanyaan Uraian bebas Daftar pertanyaan Unjuk kerja Daftar pertanyaan Lembar pengamatan Tes pilihan ganda Uraian bebas Uraian bebas PR Uraian bebas Daftar pertanyaan PR PR Uji petik kerja produk | Apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Jelaskan! Apakah yang dimaksud dengan konsumsi? Jelaskan! Buatlah skala prioritas yang dibutuhkan oleh siswa! Sebutkan aspek-aspek positif dari perilaku konsumtif! Faktor-faktor apa sajakah yang memengaruhi konsumsi? Sebutkan! Apakah pengertian dari produksi? Sebutkan macam-macam sumber daya ekonomi! Bagaimana cara memanfaatkan sumber daya ekonomi sesuai dengan etika ekonomi? Jelaskan! Sebutkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu dan jumlah hasil produksi! Apakah pengertian dari distribusi? Jelaskan! Sebutkan macam-macam sistem distribusi, dan masing-masing berikan contohnya! Buatlah suatu karangan yang menceritakan pendistribusian barang/jasa yang sesuai dengan etika ekonomi dalam kegiatan distribusi, kemudian praktekkan di depan kelas! Apakah yang pengertian perusahaan? Jelaskan! Amatilah badan usaha badan usaha di ling-kungan sekitarmu, kemudian susunlah macam-macam badan usaha tersebut dalam menurut bentuk hukumnya! Tujuan utama pendirian BUMN adalah.... a. memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat b. memajukan kesejahteraan masyarakat serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur c. berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas hidup manusia dan masyarakat d. untuk memperoleh yang sebesar-besarnya demi kepentingan pribadi badan usaha Sebutkan faktor-faktor ekonomi yang memengaruhi pengelolaan bisnis! Kriteria-kriteria apa sajakah yang harus dipenuhi untuk mengelola suatu badan usaha agar menjadi badan usaha yang profesional? Sebutkan! Apakah peranan pemerintah dalam sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi? Jelaskan dan beri contoh! Apakah pengertian kreatif? Jelaskan! Sebagai seorang siswa, perlukah perilaku yang inovatif? Mengapa? Berikan contohnya! Carilah suatu artikel yang mengisahkan tentang suatu bentuk kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan! Bentuk kreativitas apakah yang kamu lakukan agar kamu naik kelas dengan hasil yang memuaskan? Buatlah suatu produk yang merupakan bentuk kreativitas kamu sebagai siswa! Misalnya membuat benda seni atau kerajinan! | 8 JP | Guru bidang studi ekonomi Buku-buku materi yang relevan Lingkungan Sekolah Lingkungan Keluarga Lingkungan Masyarakat Sekitar |
No comments:
Post a Comment