20 April 2011

Ekonomi SMP VII RPP 5



EKONOMI VII RPP 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN V

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kreativitas dalam Tindakan Ekonomi
Kelas                  :     VII (tujuh)
Waktu                :     6 JP (3 X pertemuan)

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk                                               mencapai kamandirian dan kesejahteraan
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian kreatif dan proses kreativitas dalam                                                              tindakan ekonomi
                  2.      Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam                                                                    kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan                                                             kesejahteraan
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan secara secara garis besar materi tentang                                                                      kreativitas dalam tindakan ekonomi, dan inovatif dalam kehidupan                                        sehari-hari       
                  2.      Siswa membaca materi dalam buku
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas
                  5.      Guru memberikan tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk                                               mencapai kamandirian dan kesejahteraan
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi proses kemandirian dalam usaha meningkatkan                                   kesejahteraan
                  2.      Berlatih mengerjakan sendiri dari kreativitas dan inovasi yang                                                    direncanakan
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Media cetak
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Sebagai pembuka, guru bercerita tentang krisis ekonomi yang terjadi                                            di  Indonesia tahun 1997/1998, dan pengangguran sebagai salah satu                                                    dampaknya, kemudian menghubungkan dengan materi kemandirian untuk                                  mewujudkan kesejahteraan
                  2.      Siswa membaca materi dalam buku
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
                  5.      Guru memberi tugas individu kepada siswa untuk mencari artikel                                              tentang bentuk kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan           
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tugas siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk                                               mencapai kamandirian dan kesejahteraan
         B.     Indikator
                  1.      Berlatih mengerjakan sendiri dari kreativitas dan inovasi yang                                                                direncanakan
                  2.      Membuat produk berupa barang/jasa dari sumber daya yang dimiliki
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Peralatan, bahan-bahan untuk membuat kerajinan
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa diberi tugas oleh guru untuk membuat suatu produk (dapat                                              berupa benda seni atau kerajinan)
                  2.      Guru memberi kebebasan kepada siswa untuk berkreasi sesuai                                                               dengan keinginan mereka
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap proses pembuatan produk
                  2.      Penilaian terhadap hasil kerja siswa

Rubrik Penilaian

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Alasan
Pengetahuan tentang benda-benda seni atau kerajinan




Kualitas benda seni yang dihasilkan




Keindahan dan kerapihan




Nilai rata-rata




Komentar

No comments: