EKONOMI VII RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN V
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kreativitas dalam Tindakan Ekonomi
Kelas : VII (tujuh)
Waktu : 6 JP (3 X pertemuan)
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kamandirian dan kesejahteraan
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian kreatif dan proses kreativitas dalam tindakan ekonomi
2. Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan secara secara garis besar materi tentang kreativitas dalam tindakan ekonomi, dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa membaca materi dalam buku
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas
5. Guru memberikan tes tertulis kepada siswa
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kamandirian dan kesejahteraan
B. Indikator
1. Mengidentifikasi proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan
2. Berlatih mengerjakan sendiri dari kreativitas dan inovasi yang direncanakan
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Media cetak
D. Skenario Pembelajaran
1. Sebagai pembuka, guru bercerita tentang krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia tahun 1997/1998, dan pengangguran sebagai salah satu dampaknya, kemudian menghubungkan dengan materi kemandirian untuk mewujudkan kesejahteraan
2. Siswa membaca materi dalam buku
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4. Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
5. Guru memberi tugas individu kepada siswa untuk mencari artikel tentang bentuk kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil tugas siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kamandirian dan kesejahteraan
B. Indikator
1. Berlatih mengerjakan sendiri dari kreativitas dan inovasi yang direncanakan
2. Membuat produk berupa barang/jasa dari sumber daya yang dimiliki
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Peralatan, bahan-bahan untuk membuat kerajinan
D. Skenario Pembelajaran
1. Siswa diberi tugas oleh guru untuk membuat suatu produk (dapat berupa benda seni atau kerajinan)
2. Guru memberi kebebasan kepada siswa untuk berkreasi sesuai dengan keinginan mereka
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap proses pembuatan produk
2. Penilaian terhadap hasil kerja siswa
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Alasan | |
Pengetahuan tentang benda-benda seni atau kerajinan | | | | |
Kualitas benda seni yang dihasilkan | | | | |
Keindahan dan kerapihan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar | |
No comments:
Post a Comment