EKONOMI VIII RPP 7
RENCANA PEMBELAJARAN VII
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan
Kelas : VIII (delapan)
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
B. Indikator
1. Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan barang dan jasa.
2. Mengidentifikasi hubungan antara permintaan dan konsumsi.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan barang dan jasa, kemudian mengidentifikasi hubungan antara permintaan dan konsumsi.
2. Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3. Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
5. Guru memberikan tes lisan kepada siswa
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian penawaran dan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran harga barang dan jasa.
2. Mengidentifikasi hubungan antara penawaran dan produksi.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran barang dan jasa, kemudian mengidentifikasi hubungan antara penawaran harga barang dan jasa.
2. Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3. Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
5. Guru memberikan tes tertulis kepada siswa
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.
3. Penilaian terhadap hasil tes tertulis siswa.
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
B. Indikator
1. Menganalisis terbentuknya harga keseimbangan melalui permintaan dan penawaran.
2. mengidentifikasi hubungan antara permintaan dan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurva harga keseimbangan
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan terbentuknya harga keseimbangan melalui permintaan dan penawaran, dan hubungan antara permintaan dan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurva harga keseimbangan.
2. Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3. Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
5. Guru membagi siswa dalam kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
6. Guru memberikan tugas yang dikerjakan dalam kelompok.
7. Setelah selesai, guru dan siswa bersama-sama membahas soal-soal yang dikerjakan siswa.
8. Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.
3. Penilaian terhadap proses diskusi siswa.
IV. Pertemuan ke-4
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
B. Indikator
Menunjukkan etika ekonomi dalam permintaan dan penawaran barang dan jasa.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang etika ekonomi dalam permintaan dan penawaran barang dan jasa.
2. Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3. Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
5. Guru memberikan ulangan harian kepada siswa
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.
3. Penilaian terhadap hasil ulangan harian siswa.
No comments:
Post a Comment