20 April 2011

Ekonomi SMP IX RPP 3



EKONOMI IX RPP 3

RENCANA PEMBELAJARAN III

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kerja Sama Ekonomi Internasional
Kelas                  :     IX (sembilan)
Waktu                :     6 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi..
         B.     Indikator
                  1.      Mendeskripsikan arti dan tujuan  kerja sama ekonomi antarnegara.
                  2.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan sambil mendiskusikan dengan siswa materi tentang arti                                    dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, dan bentuk-bentuk kerja sama                                antarnegara.
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku, maupun buku-buku lain yang relevan                                 dengan materi pelajaran.
                  4.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi arti                                                           dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, dan bentuk-bentuk kerja sama                                antarnegara.
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  6.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa


II.     Pertemuan ke-2

         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi..
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan                                                multilateral.        
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan, mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi                                      regional dan multilateral.
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku.
                  4.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi badan-badan kerja                                sama ekonomi regional dan multilateral.
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
                  6.      Guru memberi PR kepada siswa, untuk menyebutkan badan-badan kerja                                   sama ekonomi regional dan multilateral yang diikuti oleh Indonesia.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa.
                  4.      Penilaian terhadap PR siswa.


III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengidentifikasi dampak kerja sama antarnegara terhadap perekonomian                                 Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan dampak kerja sama ekonomi antarnegara terhadap                                       perekonomian Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan sekitar siswa.
        
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang dampak kerja sama ekonomi antarnegara                                terhadap perekonomian Indonesia.
                  2.      Siswa menyimak penjelasan guru, sambil membaca buku materi pelajaran.
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan.
                  4.      Siswa diminta untuk menjelaskan dampak kerja sama ekonomi                                                  antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
                  5.      Guru memberikan ulangan harian berupa tes tertulis kepada siswa.
         E. Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian hasil ulangan siswa.

No comments: