EKONOMI IX RPP 3
RENCANA PEMBELAJARAN III
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kerja Sama Ekonomi Internasional
Kelas : IX (sembilan)
Waktu : 6 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi..
B. Indikator
1. Mendeskripsikan arti dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara.
2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan sambil mendiskusikan dengan siswa materi tentang arti dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, dan bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.
3. Siswa membaca materi dalam buku, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi pelajaran.
4. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi arti dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, dan bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.
5. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
6. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi..
B. Indikator
Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan, mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral.
3. Siswa membaca materi dalam buku.
4. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral.
5. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
6. Guru memberi PR kepada siswa, untuk menyebutkan badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral yang diikuti oleh Indonesia.
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi.
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa.
4. Penilaian terhadap PR siswa.
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi dampak kerja sama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mendeskripsikan dampak kerja sama ekonomi antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa.
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang dampak kerja sama ekonomi antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
2. Siswa menyimak penjelasan guru, sambil membaca buku materi pelajaran.
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan.
4. Siswa diminta untuk menjelaskan dampak kerja sama ekonomi antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
5. Guru memberikan ulangan harian berupa tes tertulis kepada siswa.
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi.
3. Penilaian hasil ulangan siswa.
No comments:
Post a Comment