EKONOMI IX SILABUS 1
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : IX
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsi-kan Uang dan Lembaga Keuangan 1.2 Mendeskripsi-kan Perdagangan Internasional dan Dampaknya terhadap Perekonomian Indonesia | · Sejarah Uang dan Syarat-syarat suatu Benda dapat Dijadikan Uang · Pengertian dan Jenis-jenis Uang · Fungsi Uang · Faktor-faktor yang Memengaruhi Jumlah Uang yang Beredar · Kebijakan Pemerintah untuk Mengendalikan Jumlah Uang Beredar · Motif Seseorang Menyimpan Uang · Pengertian Bank serta Tugas Pokoknya · Jenis-jenis Bank serta Tugas Pokoknya · Produk Perbankan · Praktek Menabung di Bank · Lembaga Keuangan Bukan Bank · Fungsi, Peranan, dan Manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank · Pengertian dan Faktor-faktor Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional · Manfaat Perdagangan Internasional · Hambatan Perdagangan Internasional · Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Devisa · Sumber-sumber dan Tujuan Penggunaan Devisa · Ekspor dan Impor · Dampak Perdagangan Internasional Bagi Perekonomian Indonesia | · Siswa membaca buku referensi dari berbagai sumber di kelas, kemudian mengkaji dan mendiskusikan sejarah terjadinya uang dan syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang. · Membaca buku referensi, kemudian mendiskusikan sambil melakukan tanya jawab antara guru dengan siswa, maupun antara siswa dengan siswa tentang pengertian dan jenis-jenis uang. · Membaca buku referensi di kelas dari berbagai sumber,kemudian mendiskusikan, dan tanya jawab antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa, tentang fungsi uang. · Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi jumlah uang yang beredar, sambil melakukan tanya jawab antara siswa dengan guru ,maupun antara siswa dengan siswa di kelas. · Membaca buku referensi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan materi kebijakan pemerintah untuk mengendalikan jumlah uang beredar. · Mengidentifikasi dan mendiskusikan motif seseorang untuk menyimpan uang · Membaca buku referensi yang relevan dari berbagai sumber, di kelas, kemudian mendiskusikan sambil melakukan tanya jawab antara siswa dengan guru, maupun siswa dengan siswa tentang pengertian bank serta tugas pokoknya. · Membaca buku referensi dari berbagai sumber, kemudian mengidentifikasi jenis-jenis bank serta tugas pokoknya. Mengidentifikasi produk-produk bank. · Praktek melakukan kegiatan menabung di bank. · Guru menjelaskan materi tentang lembaga keuangan bukan bank, siswa menyimak, sambil membaca buku materi, kemudian mendiskusikan, melakukan tanya jawab antara guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa. · Membaca buku referensi dari berbagai sumber, kemudian mengidentifikasi fungsi, peranan, dan manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank. · Guru menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional, siswa menyimak sambil membaca buku materi pelajaran maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab di kelas. · Siswa dibantu guru mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional. · Guru menjelaskan materi tentang hambatan perdagangan internasional, siswa menyimak, kemudian mendiskusikan sambil melakukan tanya jawab di kelas. · Siswa membaca buku materi maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi tentang pengertian, fungsi, dan jenis-jenis devisa, kemudian dipandu guru mendiskuskan materi dengan siswa lain dalam kelompok di kelas. · Setelah siswa membaca literatur, guru dan siswa mendiskusikan materi tentang sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa sambil melakukan tanya jawab. · Guru menjelaskan materi tentang ekspor dan impor, siswa menyimak sambil membaca buku materi maupun buku sumber lain yang relevan dengan materi, dilanjutkan dengan tanya jawab antara guru dengan siswa, maupun antara siswa dengan siswa yang lain. Kemudian guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah. · Siswa membaca buku materi tentang dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia, kemudian mendiskusikan dengan guru, maupun dengan siswa yang lain, sambil melakukan tanya jawab di kelas. | · Mengidentifikasi sejarah terjadinya uang dan syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang · Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis uang · Mendeskripsikan fungsi uang · Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi jumlah uang yang beredar · Menganalisis kebijakan pemerintah untuk mengendalikan jumlah uang beredar · Mengidentifikasi motif menyimpan uang · Menjelaskan pengertian bank serta tugas pokoknya · Mengidentifikasi jenis-jenis bank serta tugas pokoknya · Mengidentifikasi produk-produk bank · Melakukan kegiatan menabung di bank · Menjelaskan pengertian lembaga keuangan bukan bank · Mengidentifikasi fungsi, peranan, dan manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank · Menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional · Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional · Mengidentifikasi hambatan pedagangan internasional · Mendeskripsikan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis devisa · Mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa · Mengidentifikasi perbedaan ekspor dan impor · Menjelaskan dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia | Tes Lisan Tes Tertulis Tes Tertulis Ulangan Harian Tugas Kelompok Tes Tertulis Tes Lisan Pengamat-an Tes Tertulis Tugas Individu Ulangan Harian Tes Tertulis Tes Lisan Tes Tertulis Tes Tertulis Kerja Kelompok Ulangan harian Tugas Individu Ulangan Harian | Daftar Pertanyaan Uraian Bebas Soal Pilihan Ganda Tes Tertulis PR Uraian Bebas Daftar Pertanyaan Lembar Observasi Uraian Bebas PR Tes Tertulis Uraian Bebas Daftar Pertanyaan Uraian Bebas Uraian Bebas Unjuk Kerja Uraian Bebas PR Tes Uraian | Bagaimana sejarah terjadinya uang? Jelaskan! Apakah yang dimaksud dengan uang? Jelaskan dan sebutkan jenis-jenis uang! Berikut ini yang merupakan fungsi utama uang adalah
Faktor-faktor apa sajakah yang memengaruhi jumlah uang yang beredar? Sebutkan! Carilah artikel atau berita di media massa yang membahas tentang kebijakan-kebijakan yang pernah dilakukan oleh pemerintah untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar! Apakah motif-motif yang mendorong seseorang menyimpan uang? Sebutkan! Apakah pengertian dari bank? Jelaskan! Amatilah bank-bank yang ada di lingkungan sekitarmu, kemudian klasifikasikan bank tersebut termasuk ke dalam jenis bank apa? Sebutkan produk-produk bank! Amatilah proses membuka tabungan di bank! Apa langkah-langkahnya? Sebutkan Lembaga Keuangan Bukan Bank yang ada di Indonesia! Apakah manfaat dari Lembaga Keuangan Bukan Bank? Jelaskan! Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional? Sebutkan! Apa kah manfaat dari perdagangan internasional? Sebut dan jelaskan! Sebutkan hambatan-hambatan dalam perdagangan internasional! Diskusikan dengan teman dalam kelompokmu, apakah pengertian dan fungsi devisa? Sebutkan jenis-jenisnya! Sebutkan sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa! Menurut pendapatmu, apakah perbedaan antara ekspor dengan impor? Jelaskan dengan menggunakan bahasamu sendiri! Apakah dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia? Sebut dan jelaskan! | 12 JP | Guru PS Ekonomi Buku materi Ekonomi Esis kelas IX Buku-buku materi yang relevan Media Informasi Lingkungan Sekitar Siswa Bank Guru Ekonomi Buku Materi Pelajaran Ekonomi kelas IX Esis Buku sumber lain yang relevan Media informasi |
No comments:
Post a Comment