Bahasa dan Sastra Indonesia XI
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 1
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara |
KOMPETENSI DASAR | Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar |
INDIKATOR | Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan Menuliskan pokok-pokok isi sambutan ke dalam beberapa kalimat Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Sambutan atau khotbah Pokok-pokok isi sambutan Cara membuat ringkasan sambutan/ khotbah |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
V | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
V | Tanya Jawab | |
V | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru mengajak siswa untuk mengingat dan mencermati berbagai peristiwa bencana alam di tanah air. Guru memperlihatkan foto-foto atau film dokumenter kondisi lingkungan alam yang rusak. Siswa diajak menemukan benang merah yang menghubungkan antara dua hal tersebut. Guru mengajak siswa peduli terhadap kelestarian lingkungan alam melalui berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup. |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) |
Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan mendengar. Guru menanyakan kepada siswa perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan. Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato bertopik lingkungan. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato yang didengarkannya. Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang didengar. Siswa membuat rangkuman isi khotbah yang didengar. Siswa menanggapi beberapa pernyataan penting yang terdapat dalam khotbah. | |
Pertemuan ke-2 (90’) | |
Siswa mengerjakan Geladi Kelompok: mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi pokok-pokok penting, meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah, Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik secara langsung di rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan melaporkan hasil simakannya. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas, dan kritis saat mendengarkan khotbah |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8 Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261-269 Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk. terbitan Universitas Sanata Dharma |
V | Material: VCD, kaset, poster | Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang ditimbulkan Gambar perusakan alam dan bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan |
V | Mediacetak dan elektronik | rekaman / tayangan khotbah/pidato/sambutan dari radio atau televisi |
Website internet | ||
Narasumber | ||
Model peraga | ||
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menyimak/mendengarkan khotbah/pidato. Daftar pertanyaan pemahaman isi khotbah. Tugas untuk merangkum dan menanggapi isi khotbah. Tugas geladi diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya) Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato (terlampir di bawah) |
No comments:
Post a Comment