07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP5




Bahasa dan Sastra Indonesia XI

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  5

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
KOMPETENSI DASAR
Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  
INDIKATOR
Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
Siswa mampu    menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman wawancara sosok  di radio atau televisi
Isi pokok rekaman wawancara
Contoh rangkuman wawancara
Cara merangkum hasil wawancara

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menyebut sebuah program  acara  televisi   yang  berisi wawancara dengan tokoh-tokoh terkenal/publik figur dan menanyakan kepada siswa siapa yang secara rutin mengikutinya, misalnya Jayasuparana Show. (Bila memungkinkan, Guru menayangkan cuplikan rekaman acara tersebut)
Bilamana ada, siswa yang bersangkutan diminta  menyampaikan  nama pewawancara, nama narasumber, dan topik wawancara   program terakhir yang  disiarkannya.
Terhadap topik wawancara, siswa dimintai tanggapannya secara singkat.


INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 
Guru menayangkan sebuah rekaman wawancara dengan topik seni dan budaya.
Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi wawancara  yang dilisankan guru.
Siswa mengidentifikasi  intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Guru menjelaskan prinsip-prinsip merangkum
Siswa merangkum isi pembicaraan dalam wawancara dengan memperhatikan sturktur kalimat
Pertemuan ke-2  (90’)
Siswa saling menukarkan hasil rangkuman  untuk diedit.
Siswa memperbaiki hasil rangkuman berdasarkan catatan  atau masukan teman
Secara bergantian, siswa membacakan rangkumannya di depan kelas untuk ditanggapi siswa yang lain.
Guru memilih  beberapa rangkuman terbaik dan memberikan ulasan penjelasan.
Guru menyampaikan tugas mandiri, menyimak tayangan program wawancara di radio/televisi dan mengulang  latihan-latihan yang sudah diberikan.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa   diajak merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 25 - 31
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  
V
Material: VCD, kaset, poster
rekaman siaran wawancara  di  televisi/radio


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

V
Model peraga
siswa yang memeragakan/ menyimulasikan adegan wawancara
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Sejumlah pertanyaan /soal  untuk menguji pemahaman  siswa atas isi wawancara
Tugas untuk mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Tugas untuk merangkum isi wawancara yang didengar
Tugas untuk menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rubrik penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)


No comments: