Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP11




Bahasa dan Sastra Indonesia XI

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  11

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami pementasan drama 
KOMPETENSI DASAR
Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan
INDIKATOR
Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau  akting para tokoh (gesture, business,  blocking , dll) 
Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
Menjelaskan tata bunyi (sound efek dan musik)
Menjelaskan tata lampu

ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman Pementasan drama
Teknik dasar bermain drama :gerak ,  mimik/ pantomimic, blocking, tata panggung, tata busana, tata bunyi, tata lampu

METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru memutarkan rekaman  beberapa  cuplikan adegan  pementasan drama  (dokumen  pribadi/sekolah)  yang pernah digelar di sekolah. Cuplikan difokuskan pada akting pemain dan teknik-teknik pendukung yang buruk dan bagus.
Siswa dimintai komentar/penilaiannya atas akting pemain dan hal-hal teknis lain (tatarias, tata busana, panggung, tatalampu, dll) yang ditunjukkan dalam rekaman


INTI
Pertemuan ke-1 (90’) 
Siswa berdiskusi untuk merumuskan teknik bermain drama  dan hal-hal penting  yang harus diperhatikan dalam bermain drama
Guru menjelaskan beberapa teknik yang sangat penting dalam bermain drama. Setiap penjelasan  langsung disertai   contoh   yang terdapat  dalam rekaman audio visual pertunjukan drama
Siswa menyaksikan tayangan utuh rekaman pertunjukan drama. Dengan berdiskusi, siswa menganalisis teknik permainan para pemain.
Pertemuan ke-2  ( 90’)
Siswa mempresentasikan  hasil diskusinya di muka kelas  dan ditanggapi secara kritis oleh anggota kelompok lain.
Guru mengobservasi kinerja dan keterlibatan setiap siswa dalam berdiskusi maupun presentasi
Guru mengulas hasil presentasi setiap kelompok dan memilih kelompok yang hasil analisisnya paling baik
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang teknik bermain drama  yang telah dipelajari
Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru menyampaikan tugas mandiri (dikerjakan di rumah): mengobservasi dan mencermati pementasan drama (termasuk sinetron/film) di televisi. Pengamatan difokuskan pada teknik bermain para aktornya.     
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Pengantar Bermain Drama karya A. Adjib Hamzah terbitan CV Rosda Karya Bandung

Material: VCD, kaset, poster
rekaman pertunjukan drama secara utuh
cuplikan/potongan-potongan adengan pertunjukan drama
V
Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga
siswa yang memeragakan beberapa teknik bermain drama

Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menonton dan menganalisis teknik bermain para pemain dalam pertunjukan drama
Tugas untuk mendiskusikan dan mempresentasikan hasil  analisis dan apresiasi pertunjukan drama
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam mengikuti diskusi dan presentasi (terlampir di bawah)

No comments: