Bahasa dan Sastra Indonesia XI
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 11
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami pementasan drama |
KOMPETENSI DASAR | Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan |
INDIKATOR | Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau akting para tokoh (gesture, business, blocking , dll) Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana) Menjelaskan tata bunyi (sound efek dan musik) Menjelaskan tata lampu |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Rekaman Pementasan drama Teknik dasar bermain drama :gerak , mimik/ pantomimic, blocking, tata panggung, tata busana, tata bunyi, tata lampu |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru memutarkan rekaman beberapa cuplikan adegan pementasan drama (dokumen pribadi/sekolah) yang pernah digelar di sekolah. Cuplikan difokuskan pada akting pemain dan teknik-teknik pendukung yang buruk dan bagus. Siswa dimintai komentar/penilaiannya atas akting pemain dan hal-hal teknis lain (tatarias, tata busana, panggung, tatalampu, dll) yang ditunjukkan dalam rekaman |
INTI | Pertemuan ke-1 (90’) |
Siswa berdiskusi untuk merumuskan teknik bermain drama dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam bermain drama Guru menjelaskan beberapa teknik yang sangat penting dalam bermain drama. Setiap penjelasan langsung disertai contoh yang terdapat dalam rekaman audio visual pertunjukan drama Siswa menyaksikan tayangan utuh rekaman pertunjukan drama. Dengan berdiskusi, siswa menganalisis teknik permainan para pemain. | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | |
Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di muka kelas dan ditanggapi secara kritis oleh anggota kelompok lain. Guru mengobservasi kinerja dan keterlibatan setiap siswa dalam berdiskusi maupun presentasi Guru mengulas hasil presentasi setiap kelompok dan memilih kelompok yang hasil analisisnya paling baik | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang teknik bermain drama yang telah dipelajari Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran Guru menyampaikan tugas mandiri (dikerjakan di rumah): mengobservasi dan mencermati pementasan drama (termasuk sinetron/film) di televisi. Pengamatan difokuskan pada teknik bermain para aktornya. |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Pengantar Bermain Drama karya A. Adjib Hamzah terbitan CV Rosda Karya Bandung |
| Material: VCD, kaset, poster | rekaman pertunjukan drama secara utuh cuplikan/potongan-potongan adengan pertunjukan drama |
V | Mediacetak dan elektronik | |
| Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | siswa yang memeragakan beberapa teknik bermain drama |
| Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menonton dan menganalisis teknik bermain para pemain dalam pertunjukan drama Tugas untuk mendiskusikan dan mempresentasikan hasil analisis dan apresiasi pertunjukan drama Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam mengikuti diskusi dan presentasi (terlampir di bawah) |
No comments:
Post a Comment