07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP9




Bahasa dan Sastra Indonesia XI

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  9

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami pementasan drama 
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama
INDIKATOR
Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
Menentukan tema dengan alasan
Menentukan pesan dengan data yang mendukung
Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman drama yang mengandung unsur  peristiwa, penokohan, konflik, pesan, amanat, isi drama


METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru  menyebut judul  (bila memungkinkan Guru  memutarkan cuplikan)   film terbaru atau  sinetron di televisi yang sedang digemari dan menanyakan kepada siswa siapa yang telah menonton atau mengikutinya.
Siswa  yang mengaku menonton diminta untuk menceritakan sekilas film/sinetron tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan panduan yang diajukan Guru. Pertanyaan diarahkan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.


INTI
Pertemuan ke-1  (45’)
Siswa diminta mengingat dan menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang   membangun  cerita drama.
Guru menjelaskan secara lebih mendalam unsur peristiwa, dialog, tokoh, dan konfliks dalam cerita drama. Sebelumnya, Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang beberapa hal terkait unsur-unsur tersebut.

Pertemuan ke-2   ( 90’)
Siswa menyaksikan pemutaran rekaman pertunjukan drama/sinetron/ film
Siswa bergabung dalam kelompok dan berdiskusi untuk  menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.
Siswa membuat  sinopsis cerita drama/sinetron/film yang disaksikannya.
Siswa menyusun makalah sederhana  untuk melaporkan hasil diskusi kelompok.
Secara bergantian, kelompok   mempresentasikan  di depan kelas  dan ditanggapi oleh kelas.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 49 - 54
Pengantar Bermain Drama karya  A. adjib Hamzah terbitan CV Rosda Karya 
Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya karya Frans Mido terbitan Nusa Indah
V
Material: VCD, kaset, poster
rekaman pertunjukan drama/film/sinetron


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa
PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas diskusi kelompok untuk mengungkapkan unsur peristiwa,  tokoh dan perwatakannya,   pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.
Tugas untuk membuat makalah sederhana dan mempresentasikannya di depan kelas.
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam diskusi kelompok serta  mempresentasi (terlampir di bawah).

No comments: