Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP4




Bahasa dan Sastra Indonesia XI

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  4

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi   
KOMPETENSI DASAR
Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi 
INDIKATOR
Menulis resensi novel dengan memperhatikan identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku dan kelemahan buku, ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan  cermat EYD
ALOKASI WAKTU
4 x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi 
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh karangan resensi buku
Unsur-unsur resensi  identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku dan kelemahan buku, ikhtisar 
 Sistematika dan struktur isi resensi buku

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari


Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru  mengajukan sejumlah pertanyaan lisan untuk mengajak siswa   mengingat kembali  prinsip-prinsip penulisan  resensi buku yang pernah  dipelajari sebelumnya
Guru menanyakan hasil tugas memilih dan membaca buku baru yang akan diresensinya
Guru menunjukkan sebuah buku terbaru yang menarik untuk dibaca dan  diresensi


INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 
Siswa diajak untuk mencermati dan menanggapi contoh resensi buku yang ditampilkan di buku teks untuk memperdalam pemahaman sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku
Guru menjelaskan tahap-tahap  penulisan resensi buku
Siswa mengeluarkan/menyiapkan buku  yang akan diresensinya.
Siswa diberi kesempatan untuk membaca  sampai tuntas / menuntaskan pembacaan buku yang akan diresensi
Siswa    meringkas atau mengidentifikasi garis besar isi buku
Siswa mengulas dan menimbang kelebihan dan kekurangan buku
Siswa   mengidentifikasi data publikasi dan kepengarangan buku   secara lengkap
Pertemuan ke-2   ( 90’)
Siswa menulis resensi buku   berdasarkan data-data dan bahan yang telah dikumpulkan.
Siswa saling menukarkan hasil karangan resensinya dengan siswa lain untuk diedit baik isi, struktur, maupun bahasanya
Siswa diberi waktu untuk mengetik dan mengumpulkan karangannya keesokan harinya
Guru   mengapresiasi   beberapa resensi yang   sangat bagus dan merekomendasikannya untuk dikirim ke mediamassa.
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri /Kelompok: mendengarkan berita, menjawab pertanyaan pemahaman isinya, dan memberikan tanggapan secara kritis.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang resensi buku yang telah dipelajarinya
Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru mendorong siswa untuk terus mengasah keterampilannya menulis resensi buku dan meminta dalam setiap edisi majalah sekolah/kording ada tulisan resensi buku.
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 20-25
 Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  274 -280
Jurnalistik untuk Remaja  karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52
6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo
V
Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
contoh resensi buku yang pernah dimuat di mediamassa
V
Website internet
website yang memuat kumpulan  resensi buku dari berbagai penerbit

Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas membuat resensi buku kumpulan cerpen
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
Tugas untuk menulis resensi buku
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


Rubrik penilaian tugas menulis resensi buku   (terlampir di bawah)

No comments: