BAHASAA INDONESIA XII SILABUS 1
SILABUS
KELAS XII SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan | Laporan · laporan kegiatan OSIS · laporan kegiatan ekstrakurikuler · laporan perjalanan | · Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan · Mencatat pokok-pokok isi laporan · Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat) · Menentukan kalimat yang berupa fakta · Menentukan kalimat yang berupa opini | · Mencatat pokok-pokok isi laporan · Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat) · Menentukan kalimat yang berupa fakta · Menentukan kalimat yang berupa opini | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · laporan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · teks laporan dari media cetak/ elektronik · laporan kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat |
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran | Laporan · laporan kegiatan OSIS · laporan kegiatan ekstrakurikuler | · Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan · Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis · Memberikan saran untuk perbaikan laporan | · Mengemukakan kritik isi laporan · Memberikan saran untuk perbaikan laporan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · teks laporan dari media cetak/ elektronik · laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
2.1Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi | Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show) · ungkapan persetujuan atau penolakan · penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll. | · Melaksanakan diskusi · Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan · Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis. · Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis · Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara | · Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis. · Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis · Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat · Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara | Jenis Tagihan: · praktik · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku yang terkait dengan diskusi |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi | Buku nonfiksi · intisari buku · penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi · hal-hal yang menarik dalam buku · memberikan komentar | · Membaca buku nonfiksi * · Menulis intisari buku · Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif · Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman | · Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi · Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh · Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · performansi · format pengamatan | 4 | · buku nonfiksi · tuturan langsung |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami artikel dan teks pidato
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif | Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet) · ide pokok · Masalah dalam artikel · rangkuman artikel · kalimat majemuk · pola kalimat | · Membaca artikel · Menemukan ide pokok tiap paragraf · Merangkum isi seluruh artikel · Mencari permasalahan dalam artikel · Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat · Mengidentifikasi kalimat majemuk | · Menemukan ide pokok tiap paragraf · Menemukan kalimat pendukung ide pokok · Menemukan masalah dalam artikel · Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat · Mengidentifikasi kalimat majemuk | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas | 4 | · tuturan langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik · buku-buku penunjang |
3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat | Naskah pidato · Cara membacakan naskah pidato · Cara menanggapi pembacaan teks pidato | · Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi pendukung · Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi dan ekspresi yang tepat · Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman | · Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting · Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung · Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat · Menanggapi pembacaan teks pidato | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan · pilihan ganda · uraian bebas | 6 | · teks pidato dari internet/ media cetak · buku-buku penunjang |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur | Contoh surat lamaran · unsur-unsur surat lamaran pekerjaan · struktur surat lamaran pekerjaan · penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan · penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan | · Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri · Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan · Menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri · Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan EYD | · Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan · Menyusun surat lamaran pekerjaan · Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaanEYD | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan · praktik Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku yang berhubungan dengan surat-menyurat |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku | Contoh surat dinas · unsur-unsur surat dinas · struktur surat dinas · penggunaan bahasa dalam surat dinas · penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan | · Membaca contoh surat dinas · Mengidentifikasi struktur surat dinas (undangan rapat) · Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat · Menulis surat undangan rapat kedinasan · Menyunting surat undangan rapat dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa | · Mengidentifikasi struktur surat dinas · Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat · Menulis surat undangan · Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi, dan bahasa | Jenis Tagihan: · tugas individu · tes tertulis Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku tentang surat-menyurat |
4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir | Contoh laporan diskusi · unsur-unsur laporan diskusi | · Membaca contoh laporan diskusi · Mengidentifikasi unsur-unsur yang terdapat dalam laporan hasil diskusi · Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar) · Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta) · Mendiskusikan laporan diskusi | · Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi · Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar) · Melengkapi laporan dengan lampiran | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 2 | ·laporan diskusi |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku | Resensi buku pengetahuan · unsur-unsur resensi antara lain: 1. identitas buku 2. isi yang penting/menarik 3. bahasa pengarang 4. keunggulan 5. kelemahan 6. kesimpulan | · Membaca buku (yang dimiliki sekolah atau siswa itu sendiri ) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah) · Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
· Mendiskusikan kelengkapan unsur- unsur resensi yang ditulis teman | · Mencatat identitas buku · Mendaftar pokok-pokok isi · Mencatat keunggulan dari isi buku · Mencatat kekurangan dari isi buku · Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi · Mendiskusikan resensi yang telah dibuat | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan resensi |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami pembacaan novel
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiata Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
5.1 Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | Penggalan novel · penangapan segi vokal · intonasi · penghayatan | · Mendengarkan pembacaan penggalan novel · Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | · Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan · praktik Bentuk Instrumen: · performansi · format pengamatan | 4 | · buku novel · media setempat · buku-buku penun-jang |
5.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel | Penggalan novel | · Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel yang dibacakan teman · Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik penggalan novel | · Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan · praktik Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku novel · media setempat · buku-buku penun-jang |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · puisi lama (pantun) · penanggapan pembacaan puisi dari segi: · lafal · intonasi · ekspresi | · Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat · Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari teman atau guru | · Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat · Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku kumpul-an puisi lama |
6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · Puisi baru · Mengomentari pembacaan puisi dari segi
| · Membaca dan manandai jeda pada puisi yang dibacakan · Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru · Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku kumpul-an puisi baru/ media cetak/ elektronik |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai | Puisi karya sendiri : · tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat) · cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi · makna puisi | · Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah) · Menandai jeda puisi karya sendiri · Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
· Menentukan makna puisi karya teman · Mengomentari puisi karya teman | · Menandai jeda puisi karya sendiri · Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan : · lafal dan intonasi · penghayatan · mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai · Menentukan makna puisi karya teman · Mengomentari puisi karya teman | Jenis Tagihan · tugas individu Bentuk Instrumen · unjuk kerja · pilihan ganda | 4 | · puisi karya sendiri |
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | · Cerpen · Unsur-unsur intrinsik cerpen : · tema, · latar, · alur, · penokohan/pesan | · Membaca cerpen · Menceritakan kembali isi cerpen · Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan) dengan data yang mendukung · Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik cerpen | · Menceritakan kembali isi cerpen · Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | Jenis Tagihan · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · kumpulan cerpen · media cetak/ internet · tape/ kaset |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi | ·buku kumpulan cerpen ·unsur-unsur resensi ·identitas buku ·kepengarangan ·kekurangan dan kelebihan isi buku ·bahasa pengarang, dll | · Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat) · Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi: · identitas buku · kepengarangan · kekurangan dan kelebihan isi buku · bahasa pengarang, dll · mendiskusikan resensi yang telah dibuat | · Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi · Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku kumpulan cerpen |
8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar) | · topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) · unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa) | · Menentukan topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat) · Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan · unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa) · Menanggapi cerpen yang ditulis teman | · Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) · Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen · Menanggapi cerpen yang ditulis teman | Jenis Tagihan: · tugas Individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan menulis cerpen · buku yang terkait dengan menulis cerpen |
No comments:
Post a Comment