07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI Silabus1



BAHASAA INDONESIA XI SILABUS 1
SILABUS

KELAS XI SEMESTER 1

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                 :  1
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
                                             1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
1.1 Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar

Sambutan atau khotbah
· pokok-pokok isi sambutan
· ringkasan sambutan/ khotbah

·     Mendengarkan sambutan atau khotbah
·   Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
·   Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah

·   Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
·   Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
2
·   tape/ kaset  
    khotbah
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  
Wawancara melalui radio atau televisi
·  isi pokok wawancara
·  cara merangkum hasil wawancara

·      Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi *
·      Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
·      Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
·      Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara

·   Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
·   Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
2
· wawancara di radio/ televisi


SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                                 :  1
Standar Kompetensi                : Berbicara
                                             2.  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
2.1     Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   


Artikel/ buku
·    pokok-pokok isi artikel/ buku
·    hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku

·     Membaca artikel/ buku
·      Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
·      Menyampaikan (secara lisan) isi artikel  dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
·      Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

·      Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca 
·      Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
·      Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

Jenis Tagihan:
·       praktik
·       tugas individu
·       tugas kelompok


Bentuk Instrumen:
·       unjuk kerja
·       format pengamatan
4

·   buku/ artikel dari media cetak/ elektronik
2.2      Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
Dialog yang berupa tanya jawab
·   daftar pertanyaan
·   rangkuman hasil wawancara
·   Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu *
·   Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
·   Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
·   Mendiskusikan rangkuman hasil wawancara

·        Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
·        Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
·        Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

Jenis Tagihan:
·       tugas kelompok
·       praktik

Bentuk Instrumen:
·       uraian bebas
·       unjuk kerja
·       format pengamatan
4

·  tape/ kaset, daftar pertanyaan

 
SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                 :  1
Standar Kompetensi                : Membaca
                                           3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
3.1   Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

Paragraf  yang berpola deduktif dan induktif
·      kalimat utama
·      kalimat penjelas
·      kalimat kesimpulan
·      ciri paragraf deduktif/ induktif
·      perbedaan deduktif dengan induktif

·     Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
·       Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
·       Menjelaskan perbedaan antara  paragraf deduktif dengan induktif
·       Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif

·   Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
·   Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
·   Menemukan paragraf induktif dan deduktif
·   Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
·   Menjelaskan perbedaan antara  paragraf induktif dengan induktif
·   Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4

·      buku yang terkait dengan paragraf

·      artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
3.2Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
Naskah berita
·      ciri-ciri naskah berita
·      lafal
·      tekanan
·      intonasi
·      jeda
·      rangkuman isi berita
·      kalimat tunggal
·      pola kalimat
·    Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca  yang benar *
·    Mendiskusikan pembacaan berita yang dilakukan teman
·    Mengidentifikasi kalimat tunggal
·    Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca  yang benar
·    Membahas pembacaan berita yang dilakukan teman
·    Mengidentifikasi kalimat tunggal
Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·    unjuk kerja
·    format pengamatan
4

·    berita dari media cetak/ elektronik
·    buku tata bahasa





SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                 :  1
Standar Kompetensi                : Menulis
                                           4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
4.1     Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan   

Contoh proposal
·   unsur-unsur proposal


·     Membaca contoh proposal
·    Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah proposal
·    Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat kalimat tunggal
·     Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

·   Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur proposal
·   Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
·   Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas individu
·     ulangan

 Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawabansingkat

6
·      buku yang terkait dengan proposal
4.2     Menulis surat dagang dan surat kuasa

Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
·      ciri-ciri surat dagang dan surat kuasa
·      unsur-unsur surat dagang dan surat kuasa


·      Mendaftar jenis surat  Niaga
·      Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
·       Menulis surat perjanjian 
      jual –  beli dan surat kuasa sesuai dengan  keperluan
·      Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat
·   Memperbaiki  surat perjanjian jual – beli  dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
·     Mendaftar jenis surat  
niaga
·    Menulis surat perjanjian  
     jual – beli dan surat 
     kuasa sesuai dengan  
     keperluan
·   Menjelaskan isi surat  jual-beli dan surat kuasa
·   Memperbaiki  surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·      buku yang terkait dengan surat-menyurat
·      buku EyD
4.3     Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
·unsur-unsur karya tulis
·daftar pustaka
·catatan kaki

· Membaca contoh karya tulis yang dilengkapi dengan daftar pustaka dan catatan kaki *
·Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
·Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

·   Menentukan topik atau gagasan  yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
·   Menyusun kerangka karya tulis
·   Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
·   Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     ulangan
·     tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
6
·  buku yang terkait dengan karya ilmiah
·  buku EyD



SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                 :  1
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
                                           5. Memahami pementasan drama 
Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
5.1     Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama
Rekaman drama
·  pristiwa
·  penokohan
·  konflik
·  pesan
·  amanat
·  isi drama


·       Mendengarkan rekaman drama
·       Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama
·   Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
·   Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.
·  Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
·   Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
·   Menentukan tema dengan alasan
·   Menentukan pesan dengan data yang mendukung
·   Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
·   Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.

Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   tugas individu
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4

·   rekaman drama
5.2     Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan
Pementasan drama
·  gerak (action)
·  mimik/ pantomimik
·  blockng
·  tata panggung
·  tata busana
·  tata bunyi
·  tata lampu
·  Menonton pementasan drama
·  Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
·  Menganalisis tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu
·   Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
·   Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
·   Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
·   Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
·   Menjelaskan tata lampu

Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   tugas individu
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4

·  pementasan drama

·  rekaman video

SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                 :  1
Standar Kompetensi                : Berbicara
                                             6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
6.1Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh


Naskah drama
·  gerak (action)
·  mimik/ pantomimik
·  blocking
·  tata panggung
·  tata busana
·  tata bunyi
·  tata lampu
·   Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
·   Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
·   Mendiskusikan penyampaian dialog teman

·   Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
·   Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
·   Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh


Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan
6

·      buku drama
6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis
Naskah drama
·   penghayatan watak tokoh
·   tokoh protagonis
·   tokoh antagonis

·   Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
·   Menghayati watak tokoh yang akan diperankan  
·   Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis*
·   Mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman

·   Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
·   Menghayati watak tokoh yang akan diperankan  
·   Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis,  antagonis, atau  tirtagonis
·   Mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan
6

·   buku drama


SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                                 :  1
Standar Kompetensi                : Membaca
                                             7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
7.1   Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat

Teks hikayat
·       ciri-ciri hikayat
·       unsur-unsur intrinsic ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)

·       Membaca teks hikayat
·        Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
·        Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
·        Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

·    Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
·    Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
·    Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri


Jenis Tagihan:
·  tugas individu
·  tugas kelompok
·  ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  pilihan ganda
·  jawaban singkat
4

·    buku hikayat
7.2   Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
Novel Indonesia dan novel terjemahan
·   unsur-unsur intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
·   unsur ektrinsik  dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll)

·        Membaca novel Indonesia dan novel terjemahan
·        Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia dan terjemahan
·        Membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

·   Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
·   Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan  intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan
·   Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

Jenis Tagihan:
·  tugas kelompok
·  tugas kelompok
·  ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  pilihan ganda
·  jawaban singkat
4

·    novel Indonesia

·    novel terjemah-
    an


SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                 :  1
Standar Kompetensi                : Menulis
                                                  8. Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi   
Kompetensi  
Dasar

Materi  
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
8.1          Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 

Resensi novel sastra atau novel populer dengan memperhatikan unsur-unsur resensi
·    prinsip-prinsip penulisan  resensi:
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     kesimpulan

·  Membaca resensi
·    Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
-     kesimpulan

·    Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
-     kesimpulan

Jenis Tagihan:
·    tugas kelompok
·  tugas kelompok
·  ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  pilihan ganda
·  jawaban singkat

4

·      buku yang terkait dengan resensi

·      media cetak/ elektronik
8.2          Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi 
Unsur-unsur resensi
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
·    Menulis resensi novel dengan memperhatikan
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

·    Menulis resensi novel dengan memperhatikan
-     identitas buku
-     kepengarangan
-     keunggulan buku
-     kelemahan buku
-     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Jenis Tagihan:
·  tugas kelompok
·  tugas kelompok
·  ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  pilihan ganda
·  jawaban singkat
4

·      buku yang terkait dengan resensi

·      media cetak/ elektronik




No comments: