BAHASAA INDONESIA XI SILABUS 1
SILABUS
KELAS XI SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar | Sambutan atau khotbah · pokok-pokok isi sambutan · ringkasan sambutan/ khotbah | · Mendengarkan sambutan atau khotbah · Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah · Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah | · Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan · Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · tape/ kaset khotbah |
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara | Wawancara melalui radio atau televisi · isi pokok wawancara · cara merangkum hasil wawancara | · Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi * · Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain · Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara | · Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya · Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat · Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · wawancara di radio/ televisi |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku) | Artikel/ buku · pokok-pokok isi artikel/ buku · hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku | · Membaca artikel/ buku · Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar · Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan | · Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca · Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar · Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan | Jenis Tagihan: · praktik · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku/ artikel dari media cetak/ elektronik |
2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu | Dialog yang berupa tanya jawab · daftar pertanyaan · rangkuman hasil wawancara | · Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu * · Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif · Menyampaikan rangkuman hasil wawancara · Mendiskusikan rangkuman hasil wawancara | · Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu · Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif · Menyampaikan rangkuman hasil wawancara | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · praktik Bentuk Instrumen: · uraian bebas · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · tape/ kaset, daftar pertanyaan |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif | Paragraf yang berpola deduktif dan induktif · kalimat utama · kalimat penjelas · kalimat kesimpulan · ciri paragraf deduktif/ induktif · perbedaan deduktif dengan induktif | · Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif · Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif · Menjelaskan perbedaan antara paragraf deduktif dengan induktif · Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif | · Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf · Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama · Menemukan paragraf induktif dan deduktif · Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif · Menjelaskan perbedaan antara paragraf induktif dengan induktif · Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan paragraf · artikel/ berita dari media cetak/ elektronik |
3.2Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik | Naskah berita · ciri-ciri naskah berita · lafal · tekanan · intonasi · jeda · rangkuman isi berita · kalimat tunggal · pola kalimat | · Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca yang benar * · Mendiskusikan pembacaan berita yang dilakukan teman · Mengidentifikasi kalimat tunggal | · Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca yang benar · Membahas pembacaan berita yang dilakukan teman · Mengidentifikasi kalimat tunggal | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · berita dari media cetak/ elektronik · buku tata bahasa |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan | Contoh proposal · unsur-unsur proposal | · Membaca contoh proposal · Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah proposal · Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat kalimat tunggal · Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan | · Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur proposal · Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal · Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawabansingkat | 6 | · buku yang terkait dengan proposal |
4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa | Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa · ciri-ciri surat dagang dan surat kuasa · unsur-unsur surat dagang dan surat kuasa | · Mendaftar jenis surat Niaga · Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa · Menulis surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan · Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat · Memperbaiki surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD | · Mendaftar jenis surat niaga · Menulis surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan · Menjelaskan isi surat jual-beli dan surat kuasa · Memperbaiki surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan surat-menyurat · buku EyD |
4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki | Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki ·unsur-unsur karya tulis ·daftar pustaka ·catatan kaki | · Membaca contoh karya tulis yang dilengkapi dengan daftar pustaka dan catatan kaki * ·Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki ·Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD | · Menentukan topik atau gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian) · Menyusun kerangka karya tulis · Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki · Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · ulangan · tugas individu Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 6 | · buku yang terkait dengan karya ilmiah · buku EyD |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami pementasan drama
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
5.1 Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama | Rekaman drama · pristiwa · penokohan · konflik · pesan · amanat · isi drama | · Mendengarkan rekaman drama · Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama · Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar · Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari. | · Menentukan tokoh, peran, dan wataknya · Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung · Menentukan tema dengan alasan · Menentukan pesan dengan data yang mendukung · Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar · Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari. | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · rekaman drama |
5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan | Pementasan drama · gerak (action) · mimik/ pantomimik · blockng · tata panggung · tata busana · tata bunyi · tata lampu | · Menonton pementasan drama · Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas)) · Menganalisis tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu | · Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas)) · Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita · Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana) · Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik) · Menjelaskan tata lampu | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · pementasan drama · rekaman video |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
6.1Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh | Naskah drama · gerak (action) · mimik/ pantomimik · blocking · tata panggung · tata busana · tata bunyi · tata lampu | · Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan · Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh · Mendiskusikan penyampaian dialog teman | · Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan · Menghayati watak tokoh yang akan diperankan · Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 6 | · buku drama |
6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis | Naskah drama · penghayatan watak tokoh · tokoh protagonis · tokoh antagonis | · Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan · Menghayati watak tokoh yang akan diperankan · Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis* · Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman | · Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan · Menghayati watak tokoh yang akan diperankan · Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis, atau tirtagonis · Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 6 | · buku drama |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat | Teks hikayat · ciri-ciri hikayat · unsur-unsur intrinsic ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) | · Membaca teks hikayat · Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama · Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat · Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri | · Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama · Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat · Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku hikayat |
7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan | Novel Indonesia dan novel terjemahan · unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) · unsur ektrinsik dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll) | · Membaca novel Indonesia dan novel terjemahan · Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia dan terjemahan · Membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia | · Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia · Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan · Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · novel Indonesia · novel terjemah- an |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi | Resensi novel sastra atau novel populer dengan memperhatikan unsur-unsur resensi · prinsip-prinsip penulisan resensi: - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - kesimpulan | · Membaca resensi · Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi: - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD - kesimpulan | · Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi: - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD - kesimpulan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan resensi · media cetak/ elektronik |
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi | Unsur-unsur resensi - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD | · Menulis resensi novel dengan memperhatikan - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD | · Menulis resensi novel dengan memperhatikan - identitas buku - kepengarangan - keunggulan buku - kelemahan buku - ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan resensi · media cetak/ elektronik |
No comments:
Post a Comment