07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP2

Bahasa dan Sastra Indonesia XI


RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  2

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   

INDIKATOR
Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca 
Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca artikel  koran, majalah, atau buku
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Artikel koran, majalah, atau  buku
Pokok-pokok isi artikel koran, majalah, atau  buku
Hal-hal yang menarik dalam artikel koran, majalah, atau  buku

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menunjukkan koran  edisi baru dan membacakan sekilas  berita/artikel yang  bertopik paling menarik, terutama yang berhubungan dengan masalah lingkungan.
Guru menanyai siswa apakah   dalam  keseharian juga   sering membaca koran/majalah dan   rubrik  apakah yang paling diminati.
Beberapa siswa dipersilakan mengungkapkan pengalalamannya membaca koran/majalah   dan  manfaat  yang diperoleh.


INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’)  
Siswa membaca secara intensif kutipan artikel koran bertopik  lingkungan hidup yang tersaji di buku teks (bisa diganti dengan teks yang lebih aktual/relevan)
Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok setiap paragraf atau pokok-pokok    informasi penting  dan mengungkapkannya secara lisan di dalam kelompok.
Secara berkelompok siswa mengidentifikasi opini penulis dan memberikan tanggapan secara kritis.
Masih dalam kelompok, secara bergantian siswa mengemukakan hal yang menarik perhatian dalam teks dan mengemukakan alasannya.
Pertemuan ke-2 (45’)
Siswa  menjelaskan  arti kata-kata kajian yang terdapat dalam teks  dan secara bergiliran menyampaikan jawabannya di depan kelas.
Siswa menjelaskan  maksud beberapa pernyataan dalam teks yang perlu penjelasan lebih lanjut.
Secara bergiliran siswa maju ke depan kelas dan menyampaikan jawabannya  secara lisan. 
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

Guru mendorong siswa untuk  mengembangkan budaya  membaca koran/majalah/ atau buku  dan  mampu bersikap kritis terhadap opini penulis.
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  9-12
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
koran / majalah edisi baru 
artikel koran/majalah bertopik lingkungan yang aktual dan menarik perhatian   

Website internet

v
Narasumber
siswa yang men-sharingkan pengalamannya  membaca koran/majalah

Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi   ide pokok paragraf / pokok pikiran penting dalam artikel
Tugas  untuk menginventaris opini penulis dan memberikan tanggapan secara kritis
Tugas untuk mengidentifikasi pernyataan-pernyataan menarik dalam artikel dan mengemekukan alasannya.
Tugas untuk  menjelaskan kata-kata kajian dan pernyataan-pernyataan dalam artikel yang perlu penjelasan lebih lanjut.
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi dan penilaian untuk kinerja memberikan tanggapan atas opini dan pernyataan menarik dalam artikel koran/majalah  (terlampir di bawah).

No comments: