07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP8




Bahasa dan Sastra Indonesia XI

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  8

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
KOMPETENSI DASAR
Menulis   surat kuasa
INDIKATOR
Menulis surat  kuasa sesuai    keperluannya
Menjelaskan isi  surat kuasa
Memperbaiki    surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menulis surat kuasa secara benar 

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Beberapa contoh surat  surat kuasa
Ciri-ciri   surat kuasa
Sistematika dan format pengetikasn surat kuasa
Unsur-unsur  atau struktur isi  surat kuasa
Ragam bahasa surat kuasa

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru  menyampaikan sebuah ilustrasi cerita: dalam waktu bersamaan seseorang harus melakukan dua  agenda yang sama pentingnya. Guru menanyakan kepada siswa, apa yang harus dilakukan oleh orang tersebut agar kedua agenda itu  dapat berjalan tanpa ada yang dikorbankan.
Guru membacakan  selembar kertas (berupa surat kuasa) yang bisa memberi jalan keluar atas persoalan yang dihadapi  orang tersebut.
Guru membimbing pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa ada suatu jenis surat yang disebut surat kuasa


INTI
Pertemuan ke-2   (45’)
Siswa mencermati contoh surat kuasa yang disajikan di buku teks.
Siswa mengidentifikasi  pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa yang telah dibacanya.
Guru menjelaskan fungsi, jenis, status, dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penulisan surat kuasa.
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’)
Siswa  menulis surat kuasa untuk keperluan tertentu
Siswa saling menukarkan surat kuasanya dengan teman semeja/dekat untuk diedit
Siswa memperbaiki surat kuasanya berdasarkan hasil  penyuntingan teman
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 47-49
Surat Menyurat dan Komunikasi untuk SMA terbitan Galaxy Puspa Mega
6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo 

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
beberapa contoh asli surat kuasa  dengan berbagai keperluan

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa
Tugas untuk menulis surat kuasa
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rubrik penilaian tugas menulis surat kuasa (terlampir di bawah)


No comments: