DAFTAR RUBRIK/BLANGKO OBSERVASI PENILAIAN KINERJA
SMA KELAS XII SEMESTER 1
1. Rubrik Penilaian merangkum/meringkas isi pidato
Rubrik Penilaian merangkum/meringkas isi pidato
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR :
ASPEK | KRITERIA | SKOR |
ISI RANGKUMAN (15-30) | Mencakup seluruh gagasan pokok/penting, tidak menuliskan kembali ilustrasi, contoh, rincian penjelas. | 25-30 |
Hanya mencakup sebagian gagasan pokok/penting, menuliskan kembali sebagian ilustrasi, contoh, rincian penjelas. | 21 - 24 | |
Tidak menuliskan gagasan pokok/penting isi pidato, menuliskan kembali sebagian ilustrasi, contoh, rincian penjelas | 15-20 | |
SUDUT PANDANG DAN SISTEMATIKA (10-20) | Menggunakan sudut pandang perangkum, sistematika karangan asli tidak berubah, panjang karangan sepertiga teks pidato | 16-20 |
Menggunakan sudut pandang perangkum, sistematika isi karangan asli sebagian berubah, panjang rangkuman sepertiga lebih dari teks asli | 13-15 | |
Menggunakan sudut pandang orang yang berpidato, sistematika isi karangan asli berubah total, panjang rangkuman sepertiga lebih dari teks asli | 10-12 | |
BAHASA (15-30) | Menggunakan bahasa baku, kalimat efektif dan komunikatif, diksi variatif, tepat , dan menarik, tidak ada kalimat yang ambigu, | 25-30 |
Bahasa kurang baku, ada kalimat yang tidak efektif dan komunikatif, diksi kurang variatif, tepat , dan menarik, ada kalimat yang ambigu, | 21 - 24 | |
Bahasa tidak baku, banyak kalimat yang tidak efektif dan tidak komunikatif, tidak berdiksi, banyak kalimat yang ambigu, | 15-20 | |
| | |
FORMAT DAN MEKANIK (10-20) | Tidak ada kesalahan ejaan sama sekali, tidak ada salah ketik pemilihan jenis dan ukuran huruf sesuai, margin sangat pas, format pengetikan benar | 17-20 |
Ada beberapa kesalahan ejaan, ada beberapa salah ketik , penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin pas, format pengetikan tidak jelas | 13-16 | |
Mengabaikan ejaan, banyak sekali salah ketik, penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin semaunya sendiri, asal ketik tanpa menggunakan format | 10 -12 | |
JUMLAH | | 100 |
No comments:
Post a Comment