07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI Silabus 2




BAHASAA INDONESIA XI SILABUS 2
SILABUS

KELAS XI SEMESTER 2

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                 :  2
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
                      9. Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar 
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
9.1     Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar  

Gagasan para pembicara  dalam diskusi
·     pokok-pokok isi
·     rangkuman

·   Mendengarkan diskusi/ seminar
·    Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
·    Menanggapi rangkuman yang dibuat teman


·   Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya
·   Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
·   Menanggapi rangkuman yang dibuat teman

Jenis Tagihan:
·  tugas kelompok
·  tugas kelompok
·  ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  pilihan ganda
·  jawaban singkat
4
·      televisi/ gagasan para pembicara
9.2     Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar   
Komentar para pembicara
·   cara memberikan komentar

·    Mendengarkan pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar
·    Mengomentari pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar

·    Mengajukan pertanyaan
·    Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
·    Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan

Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   tugas individu
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
4
·      televisi/ gagasan para pembicara

SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                                 :  2
Standar Kompetensi                : Berbicara
                                                 10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
10.1Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

Contoh hasil penelitian
·      langkah-langkah penelitian
·      syarat-syarat penelitian

·     Melakukan penelitian *
·     Menulis hasil penelitian
·      Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
·      Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
·      Mendiskusikan hasil penelitian teman yang telah dipresentasikan( setuju atau tidak setuju) dengan argumen yang kuat.

·    Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
·    Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
·    Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami



Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format penilaian
4

·      buku yang terkait dengan penelitian
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian 
Tanggapan para pembicara
·      cara-cara memberikan komentar
· Mendengarkan presentasi hasil penelitian
· Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
· Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian 

·    Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
·    Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian
·    Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan
·    Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian 

Jenis Tagihan:
·    tugas kelompok
·    tugas individu

Bentuk Instrumen:
·    unjuk kerja
·    format pengamatan
4

·      buku yang berhubungan dengan penelitian


SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                                 :  2
Standar Kompetensi                : Membaca
                                                 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif 

Kompetensi  
Dasar

Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
11.1    Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan  membaca cepat 300 kata per menit

Teks terdiri atas 600 atau 900 kata
·      teknik membaca cepat
·      fungsi membaca cepat
·      rumus membaca cepat
·    Membaca cepat teks
·    Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
·    Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan

·    Membaca cepat ± 300 kata per menit
·    Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
·    Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan

Jenis Tagihan:
·      pertanyaan tertulis
·      lisan
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·   pilihan ganda
·   uraian bebas
·   jwaban sinkat

2
·      artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
11.2    Membedakan fakta dan opini  pada editorial dengan membaca intensif  
Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah
·   fakta
·   opini
·   Membaca tajuk rencana atau editorial
·   Mendiskusikan fakta dan opini dalam tajuk rencana atau editorial

·  Menemukan fakta dan opini  penulis tajuk rencana atau editorial
·  Membedakan fakta dengan opini
·  Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial 

Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      tugas kelompok
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·  uraian bebas
·  jawaban singkat, pilihan ganda
2
·      media cetak/ elektronik


SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                                 :  2
Standar Kompetensi                : Menulis
                                                 12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan    karya ilmiah

Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
12.1 Menulis rangkuman/ring-kasan isi buku 




Ringkasan buku nonfiksi

·      Membaca buku nonfiksi
·      Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
·      Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
·      Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman
·     Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
·     Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
·     Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat

4
·   buku nonfiksi
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola  penulisannya

Contoh notulen rapat
·   unsur-unsur notulen
·   pola notulen

·       Membaca beberapa contoh notulen
·      Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
·      Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen  rapat atau lebih
·      Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
·      Menulis notulen rapat
·      Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

·   Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
·   Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen  rapat atau lebih
·   Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
·   Menulis notulen rapat
·   Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

Jenis Tagihan:
·    tugas kelompok
·    tugas individu
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4
·   buku yang terkait dengan surat-menyurat
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian 
Beberapa karya tulis hasil pengamatan atau penelitian
·   unsur-unsr karya ilmiah
·       Mengadakan penelitian tentang sesuatu *
·   Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
·   Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
·   Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

·     Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
·     Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
·     Menyusun kerangka karya tulis
·     Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
·     Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman
Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
6
·    buku yang terkait dengan karya ilmiah
SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                                 :  2
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
                                                  13. Memahami pembacaan  cerpen

Kompetensi  
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
13.1    Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan

Cerpen yang dibacakan
· unsur-unsur cerpen (alur, penokohan, dan latar)

·  Mendengarkan cerpen yang dibacakan teman
·   Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam cerpen yang didengar
·   Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen
·   Melaporkan hasil diskusi

·   Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar
·   Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar  cerpen

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·    tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat


4
·   buku kumpulan cerpen
13.2    Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan 
Cerpen yang dibacakan
· nilai-nilai (moral, budaya, social, agama)

·  Menemukan nilai-nilai (moral, budaya, social) dalam cerpen
·  Mendiskusikan nilai-nilai tersebut

·   Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen
·   Mendiskusikan nilai-nilai tersebut
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instumen:
·   uraian bebas
·   jawaban singkat
·   pilihan ganda
2
·   buku kumpulan cerpen





SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                                 :  2
Standar Kompetensi                : Berbicara
                                                 14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama

Kompetensi  
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
14.1Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama



Teks drama
·   penghayatan watak
·   pengekspresian dialog

·       Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
·       Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
·       Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama 
·       Mendiskusikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
·       Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
·       Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
·       Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan
4

·      buku drama
14.2 Menggunakan gerak-gerik,  mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama 
Teks drama
·  gerak-gerik,
·   mimik,
·   intonasi

·   Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik  yang tepat sesuai dengan watak tokoh
·       Mendiskusikan  peran yang ditampilkan dalam pementasan drama

·   Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik  yang tepat sesuai dengan watak tokoh
·   Menanggapi peran yang ditampilkan dalam pementasan drama

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan
4

·      buku drama

SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                                 :  2
Standar Kompetensi                : Membaca
15.     Memahami buku biografi, novel dan hikayat

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
15.1Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh 

Buku biografi tokoh sastra (sesuai dengan daerah masing-masing)*)
·   hal-hal  yang menarik
·   perefleksian tokoh
·   penentuan hal-hal yang dapat diteladani

·     Membaca buku biografi tokoh sastra sesuai dengan daerah masing-masing *)
·     Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca 
·     Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
·     Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
·     Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut

·   Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
·   Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
·   Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
·   Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut


Jenis Tagihan:
·      tugas Individu
·      tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaban singkat
4

·      buku biografi
15.2 Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat  
·      ciri-ciri hikayat
·      ciri-ciri novel Indonesia
·      ciri-ciri novel terjemahan
·      unsur-unsur hikayat
·      unsur-unsur novel
·     Membaca hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan
·    Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik  hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
·     Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
·     Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan dengan hikayat 
·    Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra
·     Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan
·    Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel  terjemahan 
Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      tugas kelompok
·       ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·       pilihan ganda
·       jawaban singkat
4
·      buku hikayat

·      novel Indonesia

·      novel terjemahan



SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : XI
Semester                                 :  2
Standar Kompetensi                : Menulis
                                             16. Menulis naskah  drama   
Kompetensi
Dasar

Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
16.1Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama

Teks drama
·   unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik)

·   Membaca drama
·   Menulis teks drama*) dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
·         Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
·         Menghidupkan konflik
·         Memunculkan penampilan (performance)

·   Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
·          Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
·          Menghidupkan konflik
·          Memunculkan penampilan (performance)


Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      tugas invidu


Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas

4

·      buku drama
16.2 Menarasikan pengalaman manusia  dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
·      teks drama
·      unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik
·   Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
·   Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
·   Menghadirkan latar yang mendukung adegan

·   Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
·   Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
·   Menghadirkan latar yang mendukung adegan

Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      individu
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·       jawaban singkat
·       pilihan ganda
4

·      buku drama


No comments: