BAHASAA INDONESIA XI SILABUS 2
SILABUS
KELAS XI SEMESTER 2
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar | Gagasan para pembicara dalam diskusi · pokok-pokok isi · rangkuman | · Mendengarkan diskusi/ seminar · Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat · Menanggapi rangkuman yang dibuat teman | · Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya · Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat · Menanggapi rangkuman yang dibuat teman | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · televisi/ gagasan para pembicara |
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar | Komentar para pembicara · cara memberikan komentar | · Mendengarkan pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar · Mengomentari pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar | · Mengajukan pertanyaan · Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan · Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · televisi/ gagasan para pembicara |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
10.1Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar | Contoh hasil penelitian · langkah-langkah penelitian · syarat-syarat penelitian | · Melakukan penelitian * · Menulis hasil penelitian · Mengemukakan ringkasan hasil penelitian · Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami · Mendiskusikan hasil penelitian teman yang telah dipresentasikan( setuju atau tidak setuju) dengan argumen yang kuat. | · Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan · Mengemukakan ringkasan hasil penelitian · Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format penilaian | 4 | · buku yang terkait dengan penelitian |
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | Tanggapan para pembicara · cara-cara memberikan komentar | · Mendengarkan presentasi hasil penelitian · Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian · Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | · Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian · Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian · Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan · Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku yang berhubungan dengan penelitian |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit | Teks terdiri atas 600 atau 900 kata · teknik membaca cepat · fungsi membaca cepat · rumus membaca cepat | · Membaca cepat teks · Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia · Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan | · Membaca cepat ± 300 kata per menit · Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia · Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan | Jenis Tagihan: · pertanyaan tertulis · lisan · ulangan Bentuk Instrumen: · pilihan ganda · uraian bebas · jwaban sinkat | 2 | · artikel/ berita dari media cetak/ elektronik |
11.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif | Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah · fakta · opini | · Membaca tajuk rencana atau editorial · Mendiskusikan fakta dan opini dalam tajuk rencana atau editorial | · Menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana atau editorial · Membedakan fakta dengan opini · Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · jawaban singkat, pilihan ganda | 2 | · media cetak/ elektronik |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
12.1 Menulis rangkuman/ring-kasan isi buku | Ringkasan buku nonfiksi | · Membaca buku nonfiksi · Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca · Membuat ringkasan dari seluruh isi buku · Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman | · Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca · Membuat ringkasan dari seluruh isi buku · Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku nonfiksi |
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya | Contoh notulen rapat · unsur-unsur notulen · pola notulen | · Membaca beberapa contoh notulen · Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih · Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih · Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap · Menulis notulen rapat · Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat | · Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih · Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih · Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap · Menulis notulen rapat · Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan surat-menyurat |
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian | Beberapa karya tulis hasil pengamatan atau penelitian · unsur-unsr karya ilmiah | · Mengadakan penelitian tentang sesuatu * · Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian) · Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka · Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman | · Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih · Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian) · Menyusun kerangka karya tulis · Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka · Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 6 | · buku yang terkait dengan karya ilmiah |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
13. Memahami pembacaan cerpen
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan | Cerpen yang dibacakan · unsur-unsur cerpen (alur, penokohan, dan latar) | · Mendengarkan cerpen yang dibacakan teman · Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam cerpen yang didengar · Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen · Melaporkan hasil diskusi | · Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar · Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar cerpen | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku kumpulan cerpen |
13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan | Cerpen yang dibacakan · nilai-nilai (moral, budaya, social, agama) | · Menemukan nilai-nilai (moral, budaya, social) dalam cerpen · Mendiskusikan nilai-nilai tersebut | · Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen · Mendiskusikan nilai-nilai tersebut | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instumen: · uraian bebas · jawaban singkat · pilihan ganda | 2 | · buku kumpulan cerpen |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
14.1Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama | Teks drama · penghayatan watak · pengekspresian dialog | · Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan · Menghayati watak tokoh yang akan diperankan · Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama · Mendiskusikan dialog para tokoh dalam pementasan drama | · Menghayati watak tokoh yang akan diperankan · Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama · Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku drama |
14.2 Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama | Teks drama · gerak-gerik, · mimik, · intonasi | · Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh · Mendiskusikan peran yang ditampilkan dalam pementasan drama | · Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh · Menanggapi peran yang ditampilkan dalam pementasan drama | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku drama |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami buku biografi, novel dan hikayat
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
15.1Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh | Buku biografi tokoh sastra (sesuai dengan daerah masing-masing)*) · hal-hal yang menarik · perefleksian tokoh · penentuan hal-hal yang dapat diteladani | · Membaca buku biografi tokoh sastra sesuai dengan daerah masing-masing *) · Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca · Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri · Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain · Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut | · Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca · Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri · Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain · Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut | Jenis Tagihan: · tugas Individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku biografi |
15.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat | · ciri-ciri hikayat · ciri-ciri novel Indonesia · ciri-ciri novel terjemahan · unsur-unsur hikayat · unsur-unsur novel | · Membaca hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan · Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan terjemahan · Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan terjemahan · Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan dengan hikayat | · Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra · Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan · Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku hikayat · novel Indonesia · novel terjemahan |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
16. Menulis naskah drama
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
16.1Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama | Teks drama · unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik) | · Membaca drama · Menulis teks drama*) dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk: · Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog · Menghidupkan konflik · Memunculkan penampilan (performance) | · Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk: · Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog · Menghidupkan konflik · Memunculkan penampilan (performance) | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas invidu Bentuk Instrumen: · uraian bebas | 4 | · buku drama |
16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama | · teks drama · unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik | · Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik · Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama · Menghadirkan latar yang mendukung adegan | · Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik · Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama · Menghadirkan latar yang mendukung adegan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · jawaban singkat · pilihan ganda | 4 | · buku drama |
No comments:
Post a Comment