Bahasa dan Sastra Indonesia XI
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 17
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | |
STANDAR KOMPETENSI | |
KOMPETENSI DASAR | |
INDIKATOR | |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | ) |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
Diskusi Kelompok | ||
Inquari | ||
Tanya Jawab | ||
Penugasan | ||
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) / (45’) |
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’) | |
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri /Kelompok: mendengarkan berita , menjawab pertanyaan pemahaman isinya, dan memberikan tanggapan secara kritis. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman |
V | Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | Artikel/gambar koran atau majalah yang bertopik nasionalisme |
V | Website internet | |
V | Narasumber | |
V | Model peraga | |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
No comments:
Post a Comment