07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP3




Bahasa dan Sastra Indonesia XI

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor   3

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi   
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 
INDIKATOR
Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
Mengungkapkan identitas buku
Mengungkapkan  sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku 
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh sebuah resensi buku
Fungsi dan tujuan penulisan resensi
Prinsip-prinsip penting  penulisan  resensi
Pokok-pokok isi  dan sistematika resensi buku
Data publikasi buku yang diresensi

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menunjukkan sebuah buku baru (yang baru diluncurkan) dan menanyakan kepada siswa apakah sudah membacanya.  Bilamana belum dan berminat membacanya, guru mengajak siswa untuk mendengarkan  sebuah artikel   di majalah atau koran yang mengulas buku tersebut.
Guru mengarahkan pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa   bahwa artikel tersebut  adalah sebuah resensi buku.


INTI
Pertemuan ke-1 (45’)
Siswa membaca contoh resensi buku yang disajikan di buku teks.
Berdasarkan contoh resensi yang dibacanya, siswa mendiskusikan fungsi dan tujuan penulisan resensi buku.
Guru menjelaskan prinsip-prinsip penulisan resensi buku.
Dengan berdiskusi kelompok, siswa  mengidentifikasi bagian-bagian pokok dan sistematika isi resensi buku berdasarkan contoh  yang telah dibacanya.
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’)
Siswa diajak ke perpustakaan/ruang internet untuk mencari contoh-contoh resensi buku dan mengklipingnya beberapa buah.
Siswa mencermati, membandingkanm, dan memberikan tanggapan/penilaian atas contoh-contoh resensi temuaannya
Guru menugasi siswa  mencari buku baru untuk diresensi dan membacanya sampai tuntas (tugas ini dapat dikerjakan di rumah).

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa   diajak merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
  
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  274 -280
Jurnalistik untuk Remaja  karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52


Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
 Contoh buku yang  diresensi dan karangan hasil resensinya

V
Website internet
website yang  berisi  galery /kumpulan resensi buku dari berbagai penerbit

Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok isi dan sistematika resensi buku 
Tugas untuk mengkliping beberapa contoh resensi buku dan memberikan ulasan/penilaian
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI



No comments: