BAHASAA INDONESIA XII SILABUS 2
SILABUS
KELAS XII SEMESTER 2
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung | Informasi secara langsung · pokok-pokok isi informasi · cara mengajukan saran · ringkasan isi informasi | · Mendengarkan informasi secara langsung * · Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara · Menulis ringkasan isi informasi | · Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung · Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara · Menulis ringkasan isi informasi | Jenis Tagihan: · tugas individu · kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · informasi secara langsung |
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi | Rekaman informasi · pokok-pokok isi informasi · cara mengajukan saran · ringkasan isi informasi | · Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi · Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan · Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman informasi | · Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman · Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan · Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · rekaman informasi dari radio/ televisi |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA / MA....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal | Program kegiatan/ proposal · berpresentasi · diskusi dengan santun berdiskusi | · Menyusun program kegiatan/ proposal (di rumah) · Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan · Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan · Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan | · Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan · Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal · Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk instrumen: · Unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku yang terkait dengan proposal |
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat | Ide pidato dengan tema tertentu · cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat | · Menulis teks pidato dengan tema tertentu · Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat * · Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman · Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman | · Menulis teks pidato dengan tema tertentu · Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat · Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman · Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku yang terkait dengan pidato |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit | Teks 900 – 1050 kata) · teknik membaca cepat · rumus membaca cepat | · Membaca teks · Menemukan ide pokok · Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia | · Menemukan ide pokok · Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · artikel/ berita dari media cetak/ elektronik |
11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif | Teks yang berpola induktif dan deduktif · ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif · kalimat simpulan | · Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel | · Menemukan paragraf yang berpola induktif · Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif · Menemukan paragraf yang berpola deduktif · Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif · Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · teks dari media cetak/ elektronik |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif | Menulis karangan berpola deduktif dan induktif dengan memperhatikan: · ciri-ciri · kalimat kesimpulan · letak kalimat kesimpulan · penggunaan bahasa | · Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas) · Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif | · Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka · Menyunting karangan berpola deduktif induktif | Jenis Tagihan: tugas individu tugas kelompok ulangan Bentuk instrumen: uraian bebas pilihan ganda jawaban singkat | 4 | · teks dari media cetak/ elektronik |
12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup | esai | · Membaca contoh esai · Mengidentifikasi ciri-ciri esai · Menulis esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup · Memperbaiki essai (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca | · Menentukan topik untuk menulis esai · Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup · Menyusun paragraf pembukaan · Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf · Menyusun paragraf penutup · Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk instrumen: · uraian bebas | 6 | · contoh esai dari media cetak/ elektronik · buku Eyd |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
13. Memahami pembacaan teks drama
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan | Teks drama · unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat) | · Mendengarkan pembacaan teks drama · Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan · Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar · Melaporkan hail diskusi | · Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan · Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku kumpulan drama |
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama | Teks drama · simpulan isi drama | · Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks · Mendiskusikan simpulan isi teks drama | · Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks · Menyampaikan simpulan isi teks drama · Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaan singkat | 6 | · buku kumpulan drama |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam | Teks gurindam · ciri-ciri gurindam · nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral) | · Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam · Membacakan gurindam · Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar · Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar | · Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam · Membacakan gurindam · Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam · Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk Instrumen: · Unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku yang terkait dengan puisi lama |
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari | Teks gurindam · pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari | · Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini · Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | · Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini · Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja | 2 | · buku yang terkait dengan puisi lama · buku yang terkait dengan puisi lama |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA / MA....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
15.1Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer | Kumpulan puisi kontemporer · ciri-ciri puisi kontemporer · tema puisi kontemporer · bentuk puisi kontemporer · diksi | · Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail) · Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer · Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer · Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi | · Mengidentifikasi tema puisi kontemporer · Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer · Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan puisi kontem-porer |
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode | Karya sastra berdasarkan periodisasi · karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode · perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode | · Membaca karya sastra dari tiap periode · Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode · Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode · Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) | · Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode · Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode · Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode · Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) | Jenis Tagihan: · tugas Individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan materi · karya sastra setiap periode |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai | Kritik dan esai · ciri-ciri kritik dan esai · prinsip penulisan kritik dan esai | · Membaca kritik dan esai · Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra · Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra | · Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra · Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra | Jenis Tagihan: · tugas Individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · buku yang terkait dengan kritik sastra · buku yang terkait dengan kritik dan esai |
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra | Pengembangan gagasan atau pendapat untuk menulis kritik dan esai · cara menulis kritik dan esai | · Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai · Menyunting tulisan kritik dan esai sastra | · Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai · Menyunting tulisan kritik dan esai sastra | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 6 | · buku yang terkait dengan kritik dan esai · buku EyD |
No comments:
Post a Comment