Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII Silabus 2




BAHASAA INDONESIA XII SILABUS 2

SILABUS
KELAS XII SEMESTER 2

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                            9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
9.1          Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   

Informasi secara langsung
·      pokok-pokok isi informasi
·      cara mengajukan saran
·      ringkasan isi informasi

·   Mendengarkan informasi secara langsung *
·  Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·  Menulis ringkasan isi informasi


·     Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
·     Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·     Menulis ringkasan isi informasi
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   kelompok
·   ulangan
Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat

4
·    informasi secara langsung
9.2          Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi  
Rekaman informasi
·      pokok-pokok isi informasi
·      cara mengajukan saran
·      ringkasan isi informasi

·      Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
·       Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·      Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman informasi
·     Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
·     Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·     Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4
·    rekaman informasi dari radio/ televisi


SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA / MA....
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Berbicara
                                            10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

Kompetensi
Dasar

Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal 




Program kegiatan/ proposal
·     berpresentasi
·     diskusi dengan
     santun berdiskusi

·      Menyusun program kegiatan/ proposal (di rumah)
·     Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·     Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
·     Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan

·   Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·   Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
·   Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
Jenis Tagihan:
·  tugas kelompok
·   tugas individu

Bentuk instrumen:
·   Unjuk kerja
·   format pengamatan
4
·     buku yang terkait dengan proposal
10.2           Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Ide pidato dengan tema tertentu
·     cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat

·     Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·     Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
·     Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·     Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman

·  Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·  Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·  Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·  Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
Jenis Tagihan:
·  tugas individu

Bentuk instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan
4
·   buku yang terkait dengan pidato
SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Membaca
                                             11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
11.1  Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
Teks 900 – 1050 kata)
·   teknik membaca cepat
·   rumus membaca cepat
·     Membaca teks
·     Menemukan ide pokok
·     Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia 

·    Menemukan ide pokok
·    Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia


Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat

2
· artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
11.2  Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  
Teks yang berpola induktif dan deduktif
·   ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
·   kalimat simpulan
·   Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel


·   Menemukan paragraf yang berpola induktif
·   Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
·   Menemukan paragraf yang berpola deduktif
·   Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
·   Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·    teks dari media cetak/ elektronik



SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Menulis
                                             12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
12.1           Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 

Menulis karangan berpola deduktif dan  induktif dengan memperhatikan:
·   ciri-ciri
·   kalimat kesimpulan
·   letak kalimat kesimpulan
·   penggunaan bahasa
·     Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
·     Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif
·   Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
·   Menyunting karangan berpola deduktif induktif
Jenis Tagihan:
tugas individu
tugas kelompok
 ulangan

Bentuk instrumen:
uraian bebas
pilihan ganda
jawaban singkat
4
·    teks dari media cetak/ elektronik
12.2           Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
esai
·     Membaca contoh esai
·     Mengidentifikasi ciri-ciri esai
·     Menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·     Memperbaiki essai (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca
·   Menentukan topik untuk menulis esai
·   Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·   Menyusun paragraf pembukaan
·   Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
·   Menyusun paragraf penutup
·   Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk instrumen:
·   uraian bebas

6
·   contoh esai dari media cetak/ elektronik
·   buku  Eyd


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                             13. Memahami pembacaan teks drama

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
13.1           Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan    
 
Teks drama
·   unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)

·   Mendengarkan pembacaan teks drama
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar
·   Melaporkan hail diskusi

·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas individu
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaban singkat

4
·  buku kumpulan drama
13.2           Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 
Teks drama
·   simpulan isi drama

·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·   Mendiskusikan simpulan isi teks drama

·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·   Menyampaikan simpulan isi teks drama
·   Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaan singkat
6
·  buku kumpulan drama




SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Berbicara
                                     14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
14.1           Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam 

Teks gurindam
·   ciri-ciri gurindam
·   nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)
·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·   Membacakan gurindam
·     Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar

·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·   Membacakan gurindam
·   Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   Unjuk kerja
·   format pengamatan
4
·    buku yang terkait dengan puisi lama
14.2          Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Teks gurindam
·   pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas individu



Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
2
·    buku yang terkait dengan puisi lama
·    buku yang terkait dengan puisi lama

SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA / MA....
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Membaca
                                     15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
15.1Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
Kumpulan puisi kontemporer
·   ciri-ciri puisi kontemporer
·   tema puisi kontemporer
·   bentuk puisi kontemporer
·   diksi

·     Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
·     Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
·     Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·     Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi

·   Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
·   Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer


Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·   buku yang terkait dengan puisi kontem-porer
15.2           Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode  

Karya sastra berdasarkan periodisasi
·   karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
·   perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode

·     Membaca karya sastra dari tiap periode                 
·     Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·     Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·     Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) 
·   Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·   Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·   Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   
Jenis Tagihan:
·     tugas Individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·      jawaban singkat
4
·     buku yang terkait dengan materi
·   karya sastra setiap periode


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Menulis
                                              16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
16.1           Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai

Kritik dan esai
·   ciri-ciri kritik dan esai
·   prinsip penulisan kritik dan esai

·     Membaca kritik dan esai
·     Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·     Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra

·   Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·   Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra

Jenis Tagihan:
·     tugas Individu
·      tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·      jawaban singkat

2
·   buku yang terkait dengan kritik sastra

·   buku yang terkait dengan kritik dan esai
16.2           Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra 
Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
·   cara menulis kritik dan esai

·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
6
·   buku yang terkait dengan kritik dan esai
·   buku EyD

No comments: