SEJARAH XI RPP13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar : 1.4. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara
Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : - Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan
Islam di berbagai daerah
a. Samudra Pasai
b. Malaka
c. Aceh Darussalam
d. Demak
e. Banten
f. Mataram Islam
g. Gowa dan Tallo
h. Ternate dan Tidore
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah
B. Materi Pembelajaran
- Wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Dimana letak wilayah kekuasaan Kerajaan Samudra Pasai?”.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik secara berkelompok mendemonstrasikan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia berdasarkan hasil buatannya. Tugas telah diberitahukan pada pertemuan sebelumnya.
· Guru memberikan tes lisan kepada para peserta didik mengenai wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 87 – 114)
- Peta konsep
- Power point
- OHP/slide
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
- Tes lisan mengenai wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment