03 April 2011

Sejarah SMA XI RPP13




SEJARAH XI RPP13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XI/1
Standar Kompetensi               : 1.  Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
                                                       Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara
                                                                            Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                                 : -   Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan
                                                      Islam di berbagai daerah
a.       Samudra Pasai
b.      Malaka
c.       Aceh Darussalam
d.      Demak
e.       Banten
f.       Mataram Islam
g.      Gowa dan Tallo
h.      Ternate dan Tidore
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·      Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah

B.     Materi Pembelajaran
  • Wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Dimana letak wilayah kekuasaan Kerajaan Samudra Pasai?”.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik secara berkelompok mendemonstrasikan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia berdasarkan hasil buatannya. Tugas telah diberitahukan pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru memberikan tes lisan kepada para peserta didik mengenai wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 87 – 114)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP/slide
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.      Penilaian
  • Tes lisan mengenai wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.



Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: