SEJARAH XI RPP3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar : 1.2. Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan
Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun
1950
Indikator : - Menganalisis perkembangan situasi politik dan
kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Menganalisis perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
B. Materi Pembelajaran
- Perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, pemberian tugas, diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Apa yang dilakukan oleh Wakil Presiden Moh. Hatta untuk mengakomodasi suara rakyat yang majemuk?”.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik membuat kelompok diskusi yang terdiri 3-4 orang. Peserta didik melakukan analisis hubungan antara berbagai peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peserta didik mencari informasi dari internet maupun kepustakaan lain. Setelah itu, peserta didik menyusun hasil analisis dan mempresentasikan di depan kelas (Analitika hal 27).
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 1 – 30)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Unjuk kerja dalam bentuk diskusi dan presentasi mengenai hubungan antara berbagai peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia..
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif |
| |||||||||||||||||
Penilaian kelompok | |||||||||||||||||||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | | |||||||||||||||||
2 | Kerjasama kelompok | | | | |||||||||||||||||
3 | Hasil tugas | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Kelompok | | | |||||||||||||||||||
Penilaian Individu Peserta didik | |||||||||||||||||||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | | |||||||||||||||||
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | | |||||||||||||||||
3. | Inisiatif | | | | |||||||||||||||||
4. | Ketelitian | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Individu | | |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment