SEJARAH XI RPP9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar : 1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi
serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam
Upaya Mengisi Kemerdekaan
Indikator : - Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada
masa Demokrasi Parlementer
- Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
- Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
B. Materi Pembelajaran
- Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
- Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara ringkas latar belakang diterapkan Demokrasi Parlementer di Indonesia.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik membuat kelompok diskusi yang terdiri dari 3-4 orang untuk menganalisis kehidupan politik masing-masing kabinet pada masa Demokrasi Parlementer. Hasil diskusi dibuat dalam format yang tersusun rapi (Aktivitas hal 66).
· Guru menjelaskan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer.
· Guru mengadakan tes lisan mengenai kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 59 – 86)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai kehidupan politik masing-masing kabinet pada masa Demokrasi Parlementer (Aktivitas hal 66).
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………
Topik diskusi/debat : …………………………………
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif |
| |||||||||||||||||
Penilaian kelompok | |||||||||||||||||||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | | |||||||||||||||||
2 | Kerjasama kelompok | | | | |||||||||||||||||
3 | Hasil tugas | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Kelompok | | | |||||||||||||||||||
Penilaian Individu Peserta didik | |||||||||||||||||||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | | |||||||||||||||||
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | | |||||||||||||||||
3. | Inisiatif | | | | |||||||||||||||||
4. | Ketelitian | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Individu | | |
- Portofolio berbentuk analisis hasil diskusi (Aktivitas hal 66).
Format Penilaian Portofolio
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat isi analisis |
Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan analisis dengan tepat |
Penutup | | | | Memberikan kesimpulan |
Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam analisis |
Orisinalitas karangan | | | | Analisis merupakan hasil sendiri |
Penyajian bahasa | | | | Bahasa sesuai EYD dan komunikatif |
Jumlah | | | | |
- Tes lisan mengenai kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer.
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment