Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

03 April 2011

Sejarah SMA XII RPP9




SEJARAH XI RPP9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XII/1
Standar Kompetensi               : 1.  Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
                                                       Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi   
                                                                            serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam
                                                         Upaya Mengisi Kemerdekaan
Indikator                                 :  -     Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada
                                                         masa Demokrasi Parlementer
-          Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
  • Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer

B.     Materi Pembelajaran
  • Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
  • Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer

C.     Metode Pembelajaran
Diskusi dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara ringkas latar belakang diterapkan Demokrasi Parlementer di Indonesia.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik membuat kelompok diskusi yang terdiri dari 3-4 orang untuk menganalisis kehidupan politik masing-masing kabinet pada masa Demokrasi Parlementer. Hasil diskusi dibuat dalam format yang tersusun rapi (Aktivitas hal 66).
·         Guru menjelaskan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer.
·         Guru mengadakan tes lisan mengenai kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 59 – 86)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.      Penilaian
  • Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai kehidupan politik masing-masing kabinet pada masa Demokrasi Parlementer (Aktivitas hal 66).

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………
Topik diskusi/debat     : …………………………………
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



  • Portofolio berbentuk analisis hasil diskusi (Aktivitas hal 66).

Format Penilaian Portofolio

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar



Menunjukkan dengan tepat isi analisis
Isi



Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan analisis dengan tepat
Penutup



Memberikan kesimpulan
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam analisis
Orisinalitas karangan



Analisis merupakan hasil sendiri
Penyajian bahasa



Bahasa sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah




  • Tes lisan mengenai kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer.

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran

……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: