Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

03 April 2011

Sejarah SMA XII RPP10




SEJARAH XI RPP10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XII/1
Standar Kompetensi               : 1.  Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
                                                       Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi   
                                                                            serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam
                                                         Upaya Mengisi Kemerdekaan
Indikator                                 :  -     Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada
                                                         masa Demokrasi Terpimpin
-          Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
  • Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

B.     Materi Pembelajaran
  • Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
  • Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan penjelasan mengenai Dewan Konstituante dan Dekrit Presiden 1959.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menugaskan peserta didik untuk mencari informasi tentang kehidupan ekonomi dan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin, baik dari internet maupun kepustakaan lain.
·         Peserta didik membuat analisis mengenai kebijakan politik masa Terpimpin dan dampaknya terhadap kehidupan politik Indonesia (Aktivitas hal 73).
·         Tes lisan mengenai kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 59 – 86)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.      Penilaian
  • Portofolio berbentuk analisis mengenai kebijakan politik masa Terpimpin dan dampaknya terhadap kehidupan politik Indonesia (Aktivitas hal 73).

 

Format Penilaian Portofolio

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar



Menunjukkan dengan tepat isi analisis
Isi



Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan analisis dengan tepat
Penutup



Memberikan kesimpulan
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam analisis
Orisinalitas karangan



Analisis merupakan hasil sendiri
Penyajian bahasa



Bahasa sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah





  • Tes lisan mengenai letak tempat dan bukti penyebaran Islam pada peta Indonesia.


Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
 








Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: