SEJARAH XI RPP10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar : 1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi
serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam
Upaya Mengisi Kemerdekaan
Indikator : - Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada
masa Demokrasi Terpimpin
- Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
- Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
B. Materi Pembelajaran
- Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
- Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan penjelasan mengenai Dewan Konstituante dan Dekrit Presiden 1959.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik untuk mencari informasi tentang kehidupan ekonomi dan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin, baik dari internet maupun kepustakaan lain.
· Peserta didik membuat analisis mengenai kebijakan politik masa Terpimpin dan dampaknya terhadap kehidupan politik Indonesia (Aktivitas hal 73).
· Tes lisan mengenai kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 59 – 86)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Portofolio berbentuk analisis mengenai kebijakan politik masa Terpimpin dan dampaknya terhadap kehidupan politik Indonesia (Aktivitas hal 73).
Format Penilaian Portofolio
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat isi analisis |
Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan analisis dengan tepat |
Penutup | | | | Memberikan kesimpulan |
Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam analisis |
Orisinalitas karangan | | | | Analisis merupakan hasil sendiri |
Penyajian bahasa | | | | Bahasa sesuai EYD dan komunikatif |
Jumlah | | | | |
- Tes lisan mengenai letak tempat dan bukti penyebaran Islam pada peta Indonesia.
|
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment