SEJARAH XI RPP3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
di Berbagai Daerah di Indonesia
Indikator : - Mengidentifikasi fakta-fakta tentang proses interaksi
masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha
Alokasi Waktu : 2x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mengidentifikasi fakta-fakta tentang proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha
B. Materi Pembelajaran
· Tradisi Hindu-Buddha di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran menceritakan mengenai tradisi Hindu yang masih dilakukan oleh masyarakat sampai saat ini, seperti upacara selamatan kematian.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik secara berkelompok melakukan diskusi mengenai kontribusi paling besar dari kebudayaan Hindu-Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (Analitika hal 16).
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 1 – 20)
· Peta konsep
· Power point
· OHP/slide
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai kontribusi paling besar dari kebudayaan Hindu-Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (Analitika hal 16).
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
80-100 Memuaskan 4
70-79 Baik 3
60-69 Cukup 2
45-59 Kurang cukup 1
Lembar Penilaian Diskusi
Kriteria Penilaian :
|
Hari/Tanggal : …………………………………
Topik diskusi/debat : …………………………………
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
Penilaian kelompok | ||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | |
2 | Kerjasama kelompok | | | |
3 | Hasil tugas | | | |
Jumlah Nilai Kelompok | | | ||
Penilaian Individu Peserta didik | ||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | |
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | |
3. | Inisiatif | | | |
4. | Ketelitian | | | |
Jumlah Nilai Individu | | |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment