SEJARAH XII SILABUS 2
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin | Dunia Pada Akhir Perang Dunia II · Nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika | · Pembelajaran melalui ICT dan diskusi jigsaw mengenai nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika | · Mendeskripsikan nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika | · Unjuk Kerja | · Diskusi Jigsaw | · Carilah informasi di internet dan media lainnya mengenai nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika kemudian diskusikan dengan teman sekelasmu! | 6x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 169 – 184) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
· Ekonomi dan politik Indonesia pasca Perang Dunia II | · Pembelajaran melalui ICT mengenai ekonomi dan politik Indonesia pasca-Perang Dunia II | · Mendeskripsikan ekonomi dan politik Indonesia pasca-Perang Dunia II | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Pemberian dana bantuan A.S. dalam Colombo Plan ditujukan untuk membangun ... a. jaringan listrik b. pembukaan lahan pertanian c. pembuatan jalan di daerah d. perbaikan sarana pendidikan e. pembuatan fasilitas umum (Evaluasi hal 182 – 183) · Bagaimana kondisi ekonomi Indonesia pascaPD II? (Evaluasi hal 183 – 184) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 169 – 184) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet | |
Dunia Pada Masa Perang Dingin · Faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin | · Pembelajaran inquiri mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin | · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin | · Tes Lisan | · Soal Penyebab Perang Dingin | · Jelaskan persoalan penting yang memicu terjadinya Perang Dingin! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 185 – 220) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet | |
· Perluasan Perang Dingin ke luar Eropa | · Mendiskusikan Komunisme Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba | · Mendeskripsikan tentang Komunisme Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba | · Unjuk Kerja | · Diskusi Jigsaw | · Diskusikanlah tentang Komunis Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba | 6x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 185 – 220) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XII SILABUS 2
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| · Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara | · Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara kemudian mendiskusikannya | · Mendeskripsikan Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara | · Unjuk Kerja | · Diskusi | · Diskusikanlah mengenai Perang Vietnam dan perkembangan politik di Asia Tenggara | 6x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 185 – 220) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
· Perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa pada masa Perang Dingin | · Diskusi dan presentasi mengenai apakah meningkatkan kapasitas senjata nuklir akan menjamin terwujudnya keamanan dunia. | · Mendeskripsikan perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa pada masa Perang Dingin | · Unjuk Kerja | · Diskusi dan Presentasi | · Diskusikanlah bersama 3 orang temanmu, kemudian presentasikan di depan kelas! Menurut kalian, apakah meningkatkan kapasitas senjata nuklir akan menjamin terwujudnya keamanan dunia? (Aktivitas hal 206) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 185 – 220) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet | |
· Politik luar negeri Indonesia | · Mengidentifikasi ciri-ciri politik luar negeri Indonesia | · Mengidentifikasi ciri-ciri politik luar negeri Indonesia · Membedakan pelaksanaan politik luar negeri pada masa pemerintahan Orde Lama dengan pelaksanaan politik luar negeri pada masa Orde Baru | · Tes Tertulis · Portofolio | · Pilihan Ganda · Uraian · Analisis | · Sifat politik Indonesia adalah ... a. anti kolonialisme b. berdasar pada manifesto politik c. garis besar politik RI d. orientasi hubungan luar negeri e. memihak blok tertentu (Evaluasi hal 217 – 220) · Deskripsikan mengenai sifat politik luar negeri Indonesia! (Evaluasi hal 220) · Carilah perbedaan antara pelaksanaan politik luar negeri Indonesia pada masa Orde Lama dan pelaksanaan politik luar negeri Indonesia pada masa Orde Baru! (Aktivitas hal 210) | 4x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 185 – 220) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet | |
· Peran aktif Indonesia di dunia internasional | · Pembelajaran melalui ICT dan diskusi mengenai peran aktif Indonesia di dunia internasional | · Mendeskripsikan peran aktif Indonesia di dunia internasional | · Unjuk Kerja | · Diskusi dan Presentasi | · Diskusikanlah peran aktif Indonesia di dunia internasional! | 4x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 185 – 220) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XII SILABUS 2
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.2. Menganalisis Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia | Konstelasi Global Pasca-Perang Dingin · Berakhirnya Perang Dingin | · Mendeskripsikan proses berakhirnya Perang Dingin | · Mendeskripsikan proses berakhirnya Perang Dingin | · Portofolio | · Uraian Analitis | · Menurutmu, faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan keruntuhan Uni Sovyet apabila dilihat dari sudut pandang ekonomi dan politik? Jelaskanlah argumentasi dengan logis dan terstruktur! (Aktivitas hal 229) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 221 – 255) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
· Perubahan Konstelasi Global | · Mendiskusikan perubahan di dunia pasca-Perang Dingin | · Mendeskripsikan perubahan di dunia pasca-Perang Dingin | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Konflik yang ada di Yugoslavia sebenarnya adalah konflik ... a. agama b. ekonomi c. politik d. rasial e. etnik (Evaluasi hal 248 – 250 dan Evaluasi Semester 2 hal 251 - 255) · Jelaskan kronologis proses demokratisasi di Eropa Timur! (Evaluasi hal 250 dan Evaluasi Semester 2 hal 255) | 6x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 221 – 255) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet | |
· Munculnya organisasi internasional sebagai bentuk ikatan regional dan global | · Pembelajaran inquiri mengenai munculnya Organisasi Gerakan Non-Blok, ASEAN, dan OKI | · Mendeskripsikan proses munculnya Organisasi Gerakan Non-Blok, ASEAN, dan OKI | · Portofolio | · Analisis | · Carilah persamaan motif negara-negara dunia untuk membentuk berbagai organisasi internasional yang muncul pada masa akhir dan setelah Perang Dingin! Jelaskan jawabanmu dengan konkret! (Aktivitas hal 246) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 221 – 255) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
Administrasi PBM, Sejarah SMA XII, Silabus Sejarah SMA XII, Sejarah SMA XII Silabus 2,
No comments:
Post a Comment