03 April 2011

Sejarah SMA XII RPP13




SEJARAH XI RPP13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XII/1
Standar Kompetensi               : 2.  Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai  
                                                       dengan Masa Reformasi
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah Orde Baru
Indikator                                 :  -     Mendeskripsikan kronologis lahirnya pemerintahan
                                                         Orde Baru
-          Mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru
  • Mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru

B.     Materi Pembelajaran
  • Kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru
  • Ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, inquiri, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan kondisi politik Indonesia pascapemberontakan G30S/PKI.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru.
·         Peserta didik ditugaskan membuat daftar pertanyaan mengenai kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
·         Tes lisan mengenai kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru.
·         Peserta didik membuat esai atau kliping yang menceritakan Supersemar 1966 dengan menggunakan berbagai media pendukung dan menyertakan gambar atau foto (Aktivitas hal 121). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 115 – 134)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.      Penilaian
  • Esai atau kliping yang menceritakan Supersemar 1966 dengan menggunakan berbagai media pendukung dan menyertakan gambar atau foto (Aktivitas hal 121). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.


Format Penilaian Portofolio

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar




Menunjukkan dengan tepat isi esai atau kliping
Isi




Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan esai dengan tepat
Penutup



Memberikan kesimpulan esai
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam penulisan esai
Orisinalitas karangan



Esai atau kliping merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan dan bahasa



Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 







  • Tes lisan mengenai kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru.




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: