SEJARAH XI RPP17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan Masa Reformasi
Kompetensi Dasar : 2.3. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta
Perubahan Masyarakat di Indonesia pada Masa
Reformasi
Indikator : - Mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi
masyarakat pascareformasi
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi
B. Materi Pembelajaran
- Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, wawancara
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Bagaimana kondisi ekonomi Indonesia pascareformasi?”.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik melakukan wawancara dengan narasumber yang mengalami peristiwa masa-masa reformasi 1998 sebagai tugas portofolio (Analitika hal 159).
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 135 – 168)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Wawancara dengan narasumber yang mengalami peristiwa masa-masa reformasi 1998 sebagai tugas portofolio (Analitika hal 159).
Format Penilaian Portofolio
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pemahaman tentang peristiwa masa-masa reformasi 1998 | | | | |
Pengetahuan tentang teknik wawancara | | | | |
Keberanian melakukan wawancara | | | | |
Ketepatan menggunakan teknik wawancara | | | | |
Kemampuan mengumpulkan data | | | | |
Penyajian, bahasan dan bahasa | | | | |
Jumlah | | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
80-100 Memuaskan 4
70-79 Baik 3
60-69 Cukup 2
45-59 Kurang cukup 1
Kriteria Penilaian :
|
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment