SEJARAH XII SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia | Indonesia Pada Awal Kemerdekaan Hingga Tahun 1950 · Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia · Peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 | · Diskusi jigsaw mengenai BPUPKI dan PPKI · Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia | · Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI · Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia | · Unjuk Kerja · Portofolio | · Diskusi Jigsaw · Kronologi | · Diskusikan mengenai BPUPKI dan PPKI! · Buatlah sebuah kronologi singkat dari peristiwa-peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! (Aktivitas hal 14) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 30) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
1.2. Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950 | · Kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan | · Pembelajaran inquiri mengenai kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan | · Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Maklumat Pemerintah yang menyatakan berdirinya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) adalah ... a. 5 Oktober 1945 b. 6 Oktober 1945 c. 20 Oktober 1945 d. 5 Oktober 1946 e. 3 Juni 1947 (Evaluasi hal 28 – 30) · Apakah isi Maklumat Politik 3 November 1945? (Evaluasi hal 30) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 30) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
· Perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan | · Diskusi dan analisis perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan | · Menganalisis perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan | · Unjuk Kerja dan Portofolio | · Presentasi dan Uraian Analitis | · Buatlah kelompok diskusi yang terdiri 3-4 orang! Buatlah analisis hubungan antara berbagai peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! Susunlah sebaik mungkin! Jadikan tugas portofolio dan presentasikan di depan kelas! (Analitika hal 27) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 30) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XII SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Pada Tahun 1945-1949 · Konflik Indonesia-Belanda 1945-1949 | · Diskusi jigsaw mengenai konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan | · Mendeskripsikan konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan | · Unjuk Kerja | · Diskusi Jigsaw | · Diskusikanlah konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 31 – 58) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
· Perbedaan strategi dan ideologi dalam menghadapi Belanda dan konflik antarkelompok politik di Indonesia | · Menganalisis perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda | · Menganalisis perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Perundingan yang dilaksanakan pada masa pemerintahan kabinet Amir Syarifuddin adalah ... a. Renville d. Inter-Indonesia b. Linggarjati e. Meja Bundar c. Roem-Royen (Evaluasi hal 56 – 58) · Jelaskanlah masing-masing kebijakan dari kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda! (Evaluasi hal 58) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 31 – 58) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet | |
· Perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan | · Mendiskusikan faktor-faktor penyebab keberhasilan diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam memperjuangkan wilayah Indonesia | · Mendeskripsikan perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan | · Unjuk Kerja | · Diskusi | · Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Diskusikanlah faktor-faktor penyebab keberhasilan diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam memperjuangkan wilayah Indonesia! (Aktivitas hal 55) | 2x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 31 – 58) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet | |
1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Disintegrasi Bangsa | Upaya Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan · Gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965 | · Inquiri mengenai gejolak sosial pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965 | · Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965 | · Portofolio | · Esai | · Apakah penyebab munculnya Dewan Banteng, Dewan Garuda, Dewan Gajah, dan Dewan Manguni di Indonesia? (Aktivitas hal 101) | 3x45 menit | · Buku Sejarah SMA – ESIS (hal 87 – 114) · Peta konsep · Power point · OHP · Internet |
SEJARAH XII SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| · Peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI | · Pembelajaran melalui ICT dengan mencari berbagai informasi mengenai G30S/PKI dan dampak dari peristiwa tersebut | · Mendeskripsikan peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI · Mendeskripsikan dampak sosial politik dari peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI | · Tes Tertulis · Portofolio | · Pilihan Ganda · Uraian · Analisis Singkat | · Badan PKI yang dibentuk dan diketuai langsung oleh D.N. Aidt pada 1964 adalah ... a. Dewan Jenderal b. Dewan Revolusi c. Biro Politik d. Biro Revolusi e. Dewan Politik (Evaluasi hal 111 – 114) · Sebutkanlah isi Tritura! (Evaluasi hal 113 – 114) · Buatlah sebuah analisis singkat mengenai dampak sosial politik dari G30S/PKI di masyarakat! (Aktivitas hal 110) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 87 – 114) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam Upaya Mengisi Kemerdekaan | Indonesia Pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin · Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer · Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer | · Diskusi dan analisis kehidupan politik masing-masing kabinet pada masa Demokrasi Parlementer · Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer | · Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer · Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer | · Unjuk Kerja dan Portofolio · Tes Lisan | · Diskusi dan Analisis · Soal Kebijakan Ekonomi | · Buatlah sebuah kelompok diskusi! Analisislah kehidupan politik di masa masing-masing kabinet pada masa Demokrasi Parlementer dalam format yang tersusun rapi! (Aktivitas hal 66) · Jelaskan kebijakan ekonomi dari kabinet Sukiman! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 59 – 86) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
· Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin · Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin | · Pembelajaran melalui ICT dengan mencari berbagai informasi mengenai kebijakan politik pada masa Demokrasi Terpimpin · Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin | · Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin · Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin | · Portofolio · Tes Lisan | · Analisis · Soal Kebijakan Ekonomi | · Buatlah analisis mengenai kebijakan politik masa Terpimpin dan dampaknya terhadap kehidupan politik Indonesia! Gunakan ensiklopedi, buku-buku, atau internet! (Aktivitas hal 73) · Jelaskan kondisi perekonomian masyarakat pada masa Demokrasi Terpimpin | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 59 – 86) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XII SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| · Perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia | · Menganalisis perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia | · Menganalisis perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Angkatan kelima yang diusulkan PKI terdiri atas ... a. Angkatan Darat b. Kepolisian c. Angkatan Laut d. Buruh dan petani yang dipersenjatai e. Angkatan Udara (Evaluasi hal 83 – 85) · Jelaskan mengenai perubahan sosial dan budaya pada periode 1950-an! (Evaluasi hal 85 - 86) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 59 – 86) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
· Kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an | · Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an | · Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an | · Portofolio | · Karya Tulis | · Buatlah sebuah cerita pendek mengenai keterkaitan kondisi ekonomi, politik, dan sosial masyarakat Indonesia di masa awal tahun 1960-an! Bacalah buku atau artikel dari internet untuk menambah wawasanmu tentang peristiwa pada masa itu! (Aktivitas hal 82) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 59 – 86) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XII SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan Masa Reformasi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah Orde Baru | Indonesia Pada Masa Orde Baru · Latar belakang kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru · Berdirinya Pemerintah Orde Baru dan ciri-ciri pokok kebijakan yang dihasilkan | · Pembelajaran melalui ICT mengenai kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru · Pembelajaran inquiri mengenai ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru | · Mendeskripsikan kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru · Mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru | · Portofolio · Tes Lisan | · Esai dan Kliping · Soal Kebijakan pemerintah Orde Baru | · Buatlah esai atau kliping yang menceritakan Supersemar 1966! Kamu boleh menggunakan berbagai media pendukung dan sertakan gambar atau foto jika memungkinkan! (Aktivitas hal 121) · Apa yang dimaksud dengan REPELITA? | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 115 – 134) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
· Menguatnya peran negara pada masa Orde Baru dan dampaknya terhadap kehidupan sosial politik masyarakat | · Mendeskripsikan menguatnya peran negara pada masa Orde Baru dan dampaknya terhadap kehidupan sosial politik masyarakat | · Mendeskripsikan menguatnya peran negara pada masa Orde Baru · Mendeskripsikan dampak menguatnya peran negara pada masa Orde Baru terhadap kehidupan sosial politik masyarakat | · Tes Tertulis · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Fusi Partai Persatuan Pembangunan dilakukan pada ... a. 3 Januari 1973 b. 4 Januari 1973 c. 5 Januari 1973 d. 6 Januari 1973 e. 7 Januari 1973 (Evaluasi hal 132 – 134) · Jelaskanlah mengenai keterkaitan antara menguatnya peran negara dengan perkembangan kehidupan masyarakat pada masa pemerintahan Orde Baru! (Evaluasi hal 134) | 2x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 115 – 134) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XII SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan Masa Reformasi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2. Menganalisis Proses Berakhirnya Pemerintah Orde Baru dan Terjadinya Reformasi | Indonesia Pada Era Reformasi · Krisis multidimensi dan munculnya reformasi · Kronologi jatuhnya pemerintah Orde Baru | · Mengidentifikasi faktor penyebab jatuhnya pemerintah Orde Baru · Pembelajaran inquiri mengenai jatuhnya pemerintahan Orde Baru | · Mengidentifikasi faktor penyebab jatuhnya pemerintah Orde Baru · Merekonstruksi jatuhnya pemerintahan Orde Baru secara kronologis | · Portofolio · Tes Tertulis | · Analisis Singkat · Pilihan Ganda · Uraian | · Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari sejarah terjadinya krisis multidimensi dan metode yang tepat untuk mencegah terjadinya krisis tersebut? Buatlah dalam bentuk analisis singkat! (Aktivitas hal 141) · Krisis ekonomi di Indonesia dimulai dengan adanya ... a. utang luar negeri b. turunnya nilai rupiah c. maraknya demonstrasi d. naiknya harga-harga e. kurang kepercayaan pada pemerintah (Evaluasi hal 161 – 162) · Jelaskan kronologis penembakan mahasiswa Trisakti pada 12 Mei 1998! (Evaluasi hal 163) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 135 – 168) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
2.3. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia pada Masa Reformasi | · Perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 | · Pembelajaran melalui ICT mengenai perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 | · Mendeskripsikan perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Salah satu kerja sama utama kabinet Presiden B.J. Habibie adalah ... a. memperbaiki nilai tukar rupiah b. melakukan amandemen UUD c. menghapus Dwi Fungsi ABRI d. penegakan supremasi hukum e. mewujudkan pemerintahan yang bersih (Evaluasi Semester 1 hal 164 – 168) · Bagaimana kondisi ekonomi Indonesia pasca reformasi? (Evaluasi Semester 1 hal 168) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 135 – 168) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
· Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi | · Wawancara narasumber yang mengalami peristiwa masa-masa reformasi 1998 dan jadikanlah tugas portofolio (Analitika hal 159) | · Mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi | · Portofolio | · Wawancara | · Wawancara narasumber yang mengalami peristiwa masa-masa reformasi 1998 dan jadikanlah tugas portofolio (Analitika hal 159) | 1x45 menit | · Buku Sejarah SMA – ESIS (hal 135 – 168) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku penunjang · Internet |
Administrasi PBM, Sejarah SMA XII, Silabus Sejarah SMA XII, Sejarah SMA XII Silabus 1,
No comments:
Post a Comment