03 April 2011

Sejarah SMA XII RPP7




SEJARAH XI RPP7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XII/1
Standar Kompetensi               : 1.  Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
                                                       Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia dalam
                                                                            Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman
                                                         Disintegrasi Bangsa
Indikator                                 : -   Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada  
                                                      awal kemerdekaan hingga tahun 1965
a.       DI/TII                                     d.   RMS
b.      PKI Madiun 1948                   e.   PRRI/Permesta
c.       Andi Aziz
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965

a.       DI/TII
b.      PKI Madiun 1948
c.       Andi Aziz
d.      RMS
e.       PRRI/Permesta


B.     Materi Pembelajaran
  • Gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965

a.       DI/TII
b.      PKI Madiun 1948
c.       Andi Aziz
d.      RMS
e.       PRRI/Permesta


C.     Metode Pembelajaran
Pembelajaran inquiri dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menceritakan kehidupan sosial masyarakat pada awal kemerdekaan.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik ditugaskan membuat daftar pertanyaan mengenai gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
·         Peserta didik membuat portofolio dalam bentuk esai mengenai penyebab munculnya Dewan Banteng, Dewan Garuda, Dewan Gajah, dan Dewan Manguni di Indonesia (Aktivitas hal 101).
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 87 – 114)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.      Penilaian
  • Portofolio dalam bentuk esai mengenai penyebab munculnya Dewan Banteng, Dewan Garuda, Dewan Gajah, dan Dewan Manguni di Indonesia (Aktivitas hal 101).

Format Penilaian Portofolio

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar



Menunjukkan dengan tepat isi esai
Isi



Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil esai dengan tepat
Penutup



Memberikan kesimpulan
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam esai
Orisinalitas karangan



Esai merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan dan bahasa



Bahasa sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 

 

 







Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: