SEJARAH XI RPP7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar : 1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia dalam
Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman
Disintegrasi Bangsa
Indikator : - Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada
awal kemerdekaan hingga tahun 1965
a. DI/TII d. RMS
b. PKI Madiun 1948 e. PRRI/Permesta
c. Andi Aziz
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965
a. DI/TII
b. PKI Madiun 1948
c. Andi Aziz
d. RMS
e. PRRI/Permesta
B. Materi Pembelajaran
- Gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965
a. DI/TII
b. PKI Madiun 1948
c. Andi Aziz
d. RMS
e. PRRI/Permesta
C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menceritakan kehidupan sosial masyarakat pada awal kemerdekaan.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik ditugaskan membuat daftar pertanyaan mengenai gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
· Peserta didik membuat portofolio dalam bentuk esai mengenai penyebab munculnya Dewan Banteng, Dewan Garuda, Dewan Gajah, dan Dewan Manguni di Indonesia (Aktivitas hal 101).
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 87 – 114)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Portofolio dalam bentuk esai mengenai penyebab munculnya Dewan Banteng, Dewan Garuda, Dewan Gajah, dan Dewan Manguni di Indonesia (Aktivitas hal 101).
Format Penilaian Portofolio
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat isi esai |
Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil esai dengan tepat |
Penutup | | | | Memberikan kesimpulan |
Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam esai |
Orisinalitas karangan | | | | Esai merupakan hasil sendiri |
Penyajian, bahasan dan bahasa | | | | Bahasa sesuai EYD dan komunikatif |
Jumlah | | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
80-100 Memuaskan 4
70-79 Baik 3
60-69 Cukup 2
45-59 Kurang cukup 1
Kriteria Penilaian :
|
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment