SEJARAH XI RP23
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak
Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan
Jepang
Kompetensi Dasar : 2.2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham-
paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan
Indikator : - Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan
Afrika
a. Filipina
b. Malaysia
c. Vietnam
d. India
e. Mesir
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
B. Materi Pembelajaran
- Pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi jigsaw
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan gambaran mengenai kondisi masyarakat di Asia dan Afrika pada masa kolonialisme.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik dibagi dalam lima kelompok untuk mendiskusikan lima pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika (hal 176 – 183). Setiap kelompok membahas salah satu dari materi tersebut. Setelah itu, setiap kelompok membuat laporan tertulis berdasarkan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 171 – 190)
· Peta konsep
· Power point
· OHP/slide
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
80-100 Memuaskan 4
70-79 Baik 3
60-69 Cukup 2
45-59 Kurang cukup 1
Lembar Penilaian Diskusi
Kriteria Penilaian :
|
Hari/Tanggal : …………………………………
Topik diskusi/debat : …………………………………
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
Penilaian kelompok | ||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | |
2 | Kerjasama kelompok | | | |
3 | Hasil tugas | | | |
Jumlah Nilai Kelompok | | | ||
Penilaian Individu Peserta didik | ||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | |
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | |
3. | Inisiatif | | | |
4. | Ketelitian | | | |
Jumlah Nilai Individu | | |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment