SEJARAH XI RPP22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang
Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
Kompetensi Dasar : 3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi
Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi
Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan
berakhirnya Perang Dingin
Indikator : - Mendeskripsikan Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara
Alokasi Waktu : 6x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara
B. Materi Pembelajaran
- Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi, dan bermain
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai masuknya pengaruh blok barat dan blok timur ke Vietnam?”.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara.
· Peserta didik mendiskusikan hasil temuan dari perpustakaan dan internet.
· Peserta didik melakukan permainan “Lempar Salju”. Setiap peserta didik membuat satu pertanyaan pada selembar kertas kemudian kertas tersebut dibentuk seperti bola salju. Kertas pertanyaan dilemparkan kepada peserta didik yang lain dan peserta didik yang terkena lemparan harus menjawab pertanyaan pada kertas tersebut. Begitu seterusnya pada peserta didik yang lain.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 185 – 220)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Diskusi mengenai Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara.
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif |
| |||||||||||||||||
Penilaian kelompok | |||||||||||||||||||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | | |||||||||||||||||
2 | Kerjasama kelompok | | | | |||||||||||||||||
3 | Hasil tugas | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Kelompok | | | |||||||||||||||||||
Penilaian Individu Peserta didik | |||||||||||||||||||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | | |||||||||||||||||
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | | |||||||||||||||||
3. | Inisiatif | | | | |||||||||||||||||
4. | Ketelitian | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Individu | | |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment