SEJARAH XI RPP12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar : 1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi
serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam
Upaya Mengisi Kemerdekaan
Indikator : - Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
B. Materi Pembelajaran
· Kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Bagaimana posisi Presiden Soekarno pada awal 1960-an?”.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
· Peserta didik membuat cerita pendek mengenai keterkaitan kondisi ekonomi, politik, dan sosial masyarakat Indonesia di masa awal tahun 1960-an. Peserta didik membaca buku atau artikel dari internet untuk menambah wawasan tentang peristiwa pada masa itu (Aktivitas hal 82). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 59 – 86)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
- Cerita pendek mengenai keterkaitan kondisi ekonomi, politik, dan sosial masyarakat Indonesia di masa awal tahun 1960-an. Peserta didik membaca buku atau artikel dari internet untuk menambah wawasan tentang peristiwa pada masa itu (Aktivitas hal 82). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Format Penilaian Portofolio
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat isi cerita pendek |
Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan cerita pendek. Menguraikan cerita pendek dengan tepat |
Penutup | | | | Memberikan kesimpulan |
Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam cerita pendek |
Orisinalitas karangan | | | | Cerita pendek merupakan hasil sendiri |
Penyajian bahasa | | | | Bahasa sesuai EYD dan komunikatif |
Jumlah | | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
80-100 Memuaskan 4
70-79 Baik 3
60-69 Cukup 2
45-59 Kurang cukup 1
Kriteria Penilaian :
|
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
1 comment:
trima kasih telah menyediakan Sejarah SMA XII RPP12 ,
saya sangat terbantu,, o ya, jia ada yang terbaru mohon updatanya ya, thc
Post a Comment