03 April 2011

Sejarah SMA XII RPP12




SEJARAH XI RPP12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XII/1
Standar Kompetensi               : 1.  Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak
                                                       Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi   
                                                                            serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam
                                                         Upaya Mengisi Kemerdekaan
Indikator                                 : -    Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi                                                                 Indonesia di awal 1960-an
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an

B.     Materi Pembelajaran
·         Kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Bagaimana posisi Presiden Soekarno pada awal 1960-an?”.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
·         Peserta didik membuat cerita pendek mengenai keterkaitan kondisi ekonomi, politik, dan sosial masyarakat Indonesia di masa awal tahun 1960-an. Peserta didik membaca buku atau artikel dari internet untuk menambah wawasan tentang peristiwa pada masa itu (Aktivitas hal 82). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 59 – 86)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet
F.      Penilaian
  • Cerita pendek mengenai keterkaitan kondisi ekonomi, politik, dan sosial masyarakat Indonesia di masa awal tahun 1960-an. Peserta didik membaca buku atau artikel dari internet untuk menambah wawasan tentang peristiwa pada masa itu (Aktivitas hal 82). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.


Format Penilaian Portofolio

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar



Menunjukkan dengan tepat isi cerita pendek
Isi



Kesesuaian antara judul dengan isi dan cerita pendek. Menguraikan cerita pendek dengan tepat
Penutup



Memberikan kesimpulan
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam cerita pendek
Orisinalitas karangan



Cerita pendek merupakan hasil sendiri
Penyajian bahasa



Bahasa sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 

 

 









Mengetahui,                                                                      Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                  ........................................
NIP/NRK.......................                                                   NIP/NRK.......................

1 comment:

Halra said...

trima kasih telah menyediakan Sejarah SMA XII RPP12 ,
saya sangat terbantu,, o ya, jia ada yang terbaru mohon updatanya ya, thc