BAHASAA INDONESIA X PROGRAM SEMESTER 1
PROGRAM SEMESTER |
KELAS | : X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
SEMESTER | : 1 | |||||||||||||||||||||||||||||||||
UNIT | ASPEK | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | WKT | JULI | AGUSTUS | SEPTEMBER | OKTOBER | NOVEMBER | DESEMBER | ||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||||
1 | MENDENGARKAN | Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung | Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita) | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
BERBICARA | Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita | Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
MENULIS | Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi | Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | BERBICARA | Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita | Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
MEMBACA | Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca | Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
MENDENGARKAN | Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung | Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | MENULIS | Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) | Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
MENDENGARKAN | Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung | Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau rekaman | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
BERBICARA | Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | MEMBACA | Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca | Mengidentifikasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
MENULIS | Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) | Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif | 4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
BERBICARA | Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | BERBICARA | Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita | Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat. | 4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
MENDENGARKAN | Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung | Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
MENULIS | Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi | Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | 3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | MENULIS | Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) | Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif | 4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
MEMBACA | Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen | Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat | 4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
MEMBACA | Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen | Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari | 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | 55 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
No comments:
Post a Comment