06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X RPP16



 
RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  15

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH


MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia

KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)

PROGRAM


ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan menulis  puisi     

KOMPETENSI DASAR
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

INDIKATOR
Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Menyunting puisi baru yang dibuat teman

ALOKASI WAKTU
 3 x  45 menit ( 2 x .pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN

Siswa mampu menulis puisi dengan memperhatikan bait, irima, dan rima

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh puisi baru
Ciri-ciri puisi baru
Bait puisi
Rima puisi
Irama puisi


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa yang gemar menulis puisi. Guru meminta siswa tersebut men-sharingkan pengalamannya menulis puisi (dibimbing Guru untuk mengungkapkan mengapa menulis, jenis puisi yang disukai, dikemanakan/untuk apa puisi itu, kesulitan yang dihadapi, bagaimana proses keatif/pencptanyaannya, dll)
Guru memperlihatkan/membacakan beberpa contoh puisi pilihan karya siswa (kakak kelas tahun lalu)
Guru meyakinkan dan memotivasi siswa bahwa siapa pun bisa menulis puisi



INTI
Pertemuan ke-1  (90’)
Guru menjelaskan proses atau tahapan menulis puisi
Guru menjelaskan unsur bait, diksi, rima dan irama dalam puisi
Guru  menyebutkan  macam-macam jenis puisi baru, baik menurut isi maupun  struktur baitnya
Siswa menjelaskan macam-macam jenis puisi.
Siswa menentukan jenis puisi dan mengidentifikasi     jenis rima   yang dipergunakan.
Siswa berlatih menulis puisi dengan mengerjakan tugas Uji Kompetensi Diri


Pertemuan ke-2 (45’)
Siswa saling menukarkan puisinya untuk diapresiasi dan disunting
Guru memberi tanggapan atas pusi-puisi karya siswa yang telah dikumpulkan
Beberapa siswa yang ditunjuk atau dipilih karyanya secara bergantian  membacakan puisinya di depan kelas untuk diparesiasi bersama
Guru menugasi siswa di rumah untuk membuat beberapa puisi sekaligus 

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal kuis uji teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang   penulisan puisi   yang telah dipelajari
Guru memotivasi siswa untuk semakin gemar menulis  puisi sehingga kemampuannya   semakin baik.
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

 SUMBER BELAJAR


Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Apresiasi Puisi dan Prosa karya Putu Arya Tirtawirya terbitan Nusa Indah tahun 1982 halaman

Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya
Liberatus Tengsoe Tjahjono terbitan Nusa Indah tahun 1987 halaman


Material: VCD, kaset, poster


Mediacetak dan elektronik
Contoh Teks puisi

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan sekitar (alam, sosoial, budaya)

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Perintah untuk menulis puisi
Projek untuk menerbitkan bunga rampai  puisi
Tugas untuk menjelaskan arti  jenis-jenis puisi dengan menggunakan kamus atau sumber lain

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

  Rubrik penilaian karya puisi (terlampir di bawah)

Administrasi PBM, Bahasa Indonesia SMA X, RPP Bahasa Indonesia  SMA X, Bahasa Indonesia  SMA X RPP15,


UNIT    6        TEKNOLOGI INFORMASI                                             (halaman           s.d.             )

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor 16

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH


MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia

KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)

PROGRAM


ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

KOMPETENSI DASAR
Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif 

INDIKATOR
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf ekspositif
Menyusun kerangka paragraf ekspositif
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis  teman

ALOKASI WAKTU
 4 x  45 menit ( 2 x .pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menulis karangan eksposisi untuk mengungkapkan gagasan secara logis dan sistematis


MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks-teks contoh paragraf ekspositif
Pola pengembangan paragraf ekspositif
Contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
Penggunaan kata penghubung dalam paragraf



METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa siapa yang / tidak mempunyai e-mail, suka membuka internet,  chating / surving.
Guru memperdalam pertanyaan ke beberapa siswa: situs apa yang sering diakses, apa manfaat yang diperoleh dari  nge-net, apa dampak negatifnya, dsb.
Guru mengajak siswa untuk menyadari bahwa TI mempunyai peran sangat penting dalam era globalisasi dan itu harus dikuasai.



INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa membaca teks bertopik TI yang dikembangkan secara eksposisi.
Siswa diajak untuk mengindentifikasi  sifat-sifat  atau ciri khas  teks yang dibacanya.
Guru menjelaskan macam-macam metode pengembangan gagasan   dalam paragraf ekspositif. (definisi, identifikasi, klasifikasi, komparasi, proses)
Siswa membaca teks ekspositif dan  mengidentifikasi metode pengembangan gagasan paragraf-paragrafnya.
Siswa menginventaris istilah-istilah/kata kajian bidang TI dalam teks, menjelaskan artinya, dan menerapkan beberapa di antaranya dalam kalimat secara tepat.. 
Siswa menginventaris dan menglasifikasikan kata-kata berimbuhan asing, kata penghubung yang terdapat dalam teks.
Secara berkelompok siswa mengklping contoh-contoh paragraf ekspositif dari koran/majalah. Sebelumnya siswa sudah diberitahukan untuk membawa koran/majalah.

Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri: menulis karangan bertopik TI yang paragraf-paragrafnya  bersifat ekspositif.
Siswa saling menukarkan pekerjaannya dengan teman untuk disunting.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang   penulisan  paragraf ekspositif  yang telah dipelajari
Guru memotivasi siswa untuk semakin gemar menulis  sehingga kemampuannya   semakin baik.
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

 SUMBER BELAJAR

v
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman


Material: VCD, kaset, poster

v
Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menulis karangan ekspositif bertopik TI
Tugas untuk mengidentifikasi, kata berimbuhan asing, kata penghubung , dan kata kajian bidang TI yang terdapat pada teks.
Tugas untuk mengkliping paragraf-paragraf ekspositif dari koran atau majalah.
Daftar pertanyaan  tertulis Kuis Uji Terori 

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rubrik penilaian karangan ekpositif (terlampir di bawah.)

No comments: