Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X RPP11




 RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  11

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
KOMPETENSI DASAR
Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif  
INDIKATOR
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
Menyusun kerangka paragraf deskriptif
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif  
Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman

ALOKASI WAKTU
 4  x  45 menit ( 2 X pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN DAN MATERI POKOK

TUJUAN
Siswa mampu menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif  
Siswa mampu menyunting karangan paragraf deskriptif yang ditulis  teman

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Definisi paragraf deskriptif
Contoh paragraf deskriptif
Pola pengembangan paragraf deskripsi
Ciri/ karakteristik paragraf deskriptif
Kerangka paragraf deskriptif
Contoh penggunaan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

V
Pemodelan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru membacakan sebuah teks yang di dalamnya terdapat paragraf deskriptif dan memintan siswa menanggapinya: apa objek yang dideskripsikan, apa tujuan yang ingin dicapai, bagaiamana prosesnya sehingga penulis bisa mendeskripsikan
Seorang siswa ke depan kelas dan Guru meminta semua siswa mengamati secara cermata dan secara bergantian mendeskripsikan fisik siswa tersebut sehingga membentuk gambaran yang utuh.


INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Guru menunjukkan contoh paragraf-paragraf deskriptif dengan ojek dan teknik yang berbeda-beda
Bertolak dari contoh-contoh, siswa berdiskusi untuk merumuskan pengertian, ciri, jenis, dan teknik pengembangan gagasan paragraf deskriptif
Guru menjelaskan langkah-langkah menulis paragraf deskriptif
Dengan saling menyumbang pendapat, siswa  menginventaris  objek-objek observasi yang akan dideskripsikan
Siswa menetapkan objek deskripsi dan mengobservasinya secara cermat

Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa menyusun kerangka serta menetapkan pola pengembangan paragraf deskripsi
Siswa menyusun beberapa paragraf deskrpsi berdasarkan kerangka yang telah dibuat
Siswa  diarahkan untuk menggunakan frase adjektif secara tepat dalam tulisannya
Siswa saling menukarkan pekerjaannya  dengan teman untuk  diedit
Siswa memperbaiki karangannya berdasarkan catatan /masukan dari teman

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal kuis uji teori untuk mereview konsep-konsep penting   tentang paragraf deskriptif yang telah dipelajari
Guru menyampaikan dan menjelaskan kepada siswa tugas Geladi Mandiri  mengkliping  paragraf-paragraf deskripsi dari koran/majalah
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman


V
Material: VCD, kaset, poster, karangan siswa
Gambar /poster,  potongan-potongan paragraf deskriptif,   model paragraf deskriptif karya siswa, barang-barang /benda-benda yang diobeservasi dan akan dideskripsikan  

Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga
Siswa menjadi model untuk diobservasi fisik

Lingkungan
Lingkungan sekirar siswa (kelas, halaman sekolah, ruang-ruang sekolah)

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
v
Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Daftar pertanyaan tertulis kuis uji teori untuk mengukur penguasaan siswa atas konsep-konsep penting tentang paragraf deskriptif
Tugas untuk menulis beberapa paragraf deskriptif
Tugas untuk mengidentifikasi dan mengkliping paragraf-paragraf deskriptif
Tugas untuk menyunting paragraf deskriptif karya teman
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
  Rubrik penilaian menulis karangan deskriptif (terlampir)

No comments: