RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 11
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) |
KOMPETENSI DASAR | Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif |
INDIKATOR | Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan Menyusun kerangka paragraf deskriptif Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 X pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN DAN MATERI POKOK
TUJUAN | Siswa mampu menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif Siswa mampu menyunting karangan paragraf deskriptif yang ditulis teman |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Definisi paragraf deskriptif Contoh paragraf deskriptif Pola pengembangan paragraf deskripsi Ciri/ karakteristik paragraf deskriptif Kerangka paragraf deskriptif Contoh penggunaan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
V | Pemodelan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru membacakan sebuah teks yang di dalamnya terdapat paragraf deskriptif dan memintan siswa menanggapinya: apa objek yang dideskripsikan, apa tujuan yang ingin dicapai, bagaiamana prosesnya sehingga penulis bisa mendeskripsikan Seorang siswa ke depan kelas dan Guru meminta semua siswa mengamati secara cermata dan secara bergantian mendeskripsikan fisik siswa tersebut sehingga membentuk gambaran yang utuh. |
INTI | Pertemuan ke-1 (90’) |
Guru menunjukkan contoh paragraf-paragraf deskriptif dengan ojek dan teknik yang berbeda-beda Bertolak dari contoh-contoh, siswa berdiskusi untuk merumuskan pengertian, ciri, jenis, dan teknik pengembangan gagasan paragraf deskriptif Guru menjelaskan langkah-langkah menulis paragraf deskriptif Dengan saling menyumbang pendapat, siswa menginventaris objek-objek observasi yang akan dideskripsikan Siswa menetapkan objek deskripsi dan mengobservasinya secara cermat | |
Pertemuan ke-2 (90’) | |
Siswa menyusun kerangka serta menetapkan pola pengembangan paragraf deskripsi Siswa menyusun beberapa paragraf deskrpsi berdasarkan kerangka yang telah dibuat Siswa diarahkan untuk menggunakan frase adjektif secara tepat dalam tulisannya Siswa saling menukarkan pekerjaannya dengan teman untuk diedit Siswa memperbaiki karangannya berdasarkan catatan /masukan dari teman | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal kuis uji teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang paragraf deskriptif yang telah dipelajari Guru menyampaikan dan menjelaskan kepada siswa tugas Geladi Mandiri mengkliping paragraf-paragraf deskripsi dari koran/majalah Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman |
V | Material: VCD, kaset, poster, karangan siswa | Gambar /poster, potongan-potongan paragraf deskriptif, model paragraf deskriptif karya siswa, barang-barang /benda-benda yang diobeservasi dan akan dideskripsikan |
| Mediacetak dan elektronik | |
| Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | Siswa menjadi model untuk diobservasi fisik |
| Lingkungan | Lingkungan sekirar siswa (kelas, halaman sekolah, ruang-ruang sekolah) |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Daftar pertanyaan tertulis kuis uji teori untuk mengukur penguasaan siswa atas konsep-konsep penting tentang paragraf deskriptif Tugas untuk menulis beberapa paragraf deskriptif Tugas untuk mengidentifikasi dan mengkliping paragraf-paragraf deskriptif Tugas untuk menyunting paragraf deskriptif karya teman | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian menulis karangan deskriptif (terlampir) |
No comments:
Post a Comment