Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X RPP6




RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor 6

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung

KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman  

INDIKATOR
Mengidentifikasi unsur-unsur yang membangun sebuah puisi
Menjelaskan unsur irama yang terdapat dalam puisi
Mengidentifkasi kata-kata berkonotasi  / simbolis/lambang dalam puisi
Mengidentifikasi majas-majas yang digunakan dalam puisi
Menunjukkan jenis-jenis rima yang terdapat dalam puisi

ALOKASI WAKTU
2     x  45 menit ( 1 x pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman  


MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman  puisi atau pembacaan langsung oleh peraga
Irama dalam puisi
Majas dalam puisi
Rima dalam puisi
Kata-kata konotasi dan simbolis dalam puisi


METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru memutarkan videoklip kaset rekaman pembacaan puisi dan pembacaan berita/pengumuman dan siswa diajak untuk menyimak dengan seksama perbedaan di antara keduanya.
Siswa diminta mengidentifikasi perbedaan irama  pembacaan puisi dan berita (teks lain nonpuisi)
Siswa dibimbing untuk menyadari bahwa bahasa puisi bersifat khas



INTI
Pertemuan ke-1
Siswa menyimak pembacaan puisi secara langsung atau melalui rekaman
Siswa mengemukakan tanggapannya  tentang bahasa puisi yang bersifat indah
Siswa mengidentifikasi unsur-unsur bentuk/fisik yang membangun sebuah puisi
Siswa berdiskusi kecil untuk  mengidentifikasi berbagai rima dalam puisi yang didengarnya
Siswa berdiskusi kecil untuk mengidentifikasi berbagai majas dalam puisi
Siswa mengidentifikasi kata-kata indah dan bermakna dalam, dalam puisi dan mengemukakan alasannya

Pertemuan ke-2

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang puisi yang telah dipelajari
Guru mendorong sisiwa untuk  semakin  bisa mengapresiasi  puisi dan menangkap pesan/nilai yang terkandung di dalamnya.
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

 SUMBER BELAJAR


Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya Libertus Tengsoe terbitan Nusa Indah tahun 1987

v
Material: VCD, kaset, poster

v
Mediacetak dan elektronik

v
Website internet


Narasumber

v
Model peraga

v
Lingkungan


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Daftar pertanyaan lisan untuk mengungkap unsur-unsur pembangun puisi
Tugas   untuk mengiidentifikasi jenis-jenis rima, majas, serta kata-kata berkonotasi/bermakna simbolis beberapa puisi dalam buku kumpulan puisi
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk   mengukur  konsep-konsep penting   tentang seputar  unsur-unsur puisi  yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
  -

No comments: