RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 3
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi |
KOMPETENSI DASAR | Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima |
INDIKATOR | Mampu menjelaskan fungsi bait dalam penulisan puisi Mampu menjelaskan pengertian irama dan rima dalam puisi dan menyebutkan jenis-jenisnya Mampu mengidentifikasi ciri-ciri pantun dan syair berdasarkan sajian contoh Membedakan bentuk pantun dan syair Mampu menulis syair dan berbagai jenis pantun dengan memperhatikan bait, irama, dan rima Mampu menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 x pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menulis pantun atau pun syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima untuk mengungkapkan pikiran, dan perasaan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Contoh puisi lama karya penyair ternama Contoh puisi lama (pantun/syair) karya siswa Jenis-jenis puisi lama, khususnya pantun Fungsi bait dalam puisi Pengertian irama dalam puisi Pengertian dan jenis-jenis rima dalam puisi Kriteria atau ciri-ciri puisi lama Perbedaan pantun dengan syair |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa diajak untuk mengungkapkan pengetahuannya tentang puisi lama Guru melisankan sebuah pantun dan siswa diminta mengidentifikasi jenis puisi lama yang dilisankan Guru memotivasi siswa bahwa dirinya mampu membuat puisi lama yang menarik dan relevan dengan zaman |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) |
Siswa mencermati beberapa teks puisi lama yang ditayangkan/disajikan oleh guru Siswa berdiskusi kecil untuk mengidentifikasi jenis puisi lama yang ditunjukan guru Siswa mengidentifikasi unsur-unsur yang membangun sebuah puisi, khususnya puisi lama Siswa menyimpulkan ciri-ciri puisi lama berdasarkan struktur bait, irama, dan rima | |
Pertemuan ke-2 (90’) | |
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri: menulis sejumlah bait pantun dengan jenis yang berbeda-beda Siswa menulis beberapa bait syair dengan memperhatikan struktur bait, irama, dan rima Guru meminta beberapa siswa membacakan karyanya di depan kelas. Guru memberikan ulasan dan tanggapan atas karya siswa. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari Siswa memotivasi siswa untuk melestarikan sastra lama sebagai warisan budaya dan terus berlatih menulis pantun/syair agar kemampuannya semakin baik Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
| Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Pemandu di Dunia Sastra karya Dick Hartoko dan B. Rahmanto terbitan Kanisius tahun 1986 halaman Kesusasteraan Lama Indonesia karya Zuber Usman terbitan Gunung Agung, tahun 1962 |
| Material: VCD, kaset, poster | |
| Mediacetak dan elektronik | |
v | Website internet | |
| Narasumber | |
v | Model peraga | |
v | Lingkungan | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Daftar pertanyaan Kuiis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari Pemberian tugas kepada sisiwa untuk menulis sejumlah pantun dan syair Pemberian tugas kepada siswa untuk membukukan /membundel lembaran-lembaran pantun yang dihasilkan (Tugas yang dikumpulkan menjadi portofolio siswa | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tugas menulis puisi/syair (terlampir di bawah) |
RUBRIK PENILAIAN MENULIS PUISI LAMA (SYAIR DAN PANTUN)
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
ASPEK | RINCIAN | NILAI | |||
KURANG | CUKUP | BAIK | AMAT BAIK | ||
D (10) | C (15) | B (20) | A (25) | ||
ISI | Selaras dengan tema | | | | |
Mengandung pesan aktual | |||||
Sesuai dengn jenisnya | |||||
Utuh dan tuntas | |||||
SAMPIRAN (untuk pantun) | Orisinal dan kreatif | | | | |
Mencerminkan wawasan budaya, geografi, social yang luas | | | | | |
Tidak terlepas dari isi | | | | | |
DIKSI DAN GAYA BAHASA | Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya | | | | |
Bervariatif dan sesuai konteks | |||||
Menggunakan kata kiasan, unik, simbolis | |||||
Bergaya bahasa secara variatif | |||||
RIMA | Berima sesuai kriteria | | | | |
Terpola secara teratur | |||||
Berirama secara variatif | |||||
STRUKTUR BARIS DAN BAIT | Tersusun sesuai aturan | | | | |
Terpola secara teratur dan konsisten | |||||
JUMLAH SKOR | | | | |
No comments:
Post a Comment