Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X RPP1




UNIT    NASIONALISME                                                                        (halaman           s.d.             )

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor 1

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

KOMPETENSI DASAR
Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita)

INDIKATOR
Mampu   menjawab pertanyaan pemahaman isi berita
Mampu   mengidentifikasi pokok-pokok isi berita
Mampu menuliskan kalimat untuk mengungkapkan kembali informasi berita
Mampu menanggapi  informasi isi  berita dengan mengajukan pertanyaan kritis 
Mampu menanggapi isi berita dengan mengajukan  pernyataan persetujuan atau ketidaksetujuan (dengan alas an yang
logis)

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu mengidentifikasi pokok-pokok informasi berita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung
Siswa mampu menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita)

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
Pokok-pokok isi berita
Pertanyaan kritis dan pertanyaan reproduksi/repetisi
Pemberian tanggapan isi berita


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari


Tanya Jawab


Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya tentang rasa nasionalismenya sebagai warga negara Indonesia Siswa diajak untuk mencermati kasus-kasus aktual di lingkungan sekitar atau di media yang mencerminkan  rasa nasionalisme yang mulai pudar.
Siswa ditanya sejauh mana selama ini menjadikan TV sebagi sumber informasi yang bermanfaat,
Guru mengajak siswa untuk membedakan secara cermat konsep mendengar dan mendengarkan.



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’)
Siswa diajak mendengarkan rekaman berita TV/Radio (atau membacakan transkripnya) yang bertopik nasionalisme
Siswa menuliskan kembali isi berita dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru secara lisan
Siswa menuliskan kembali pokok-pokok isi  berita berpanduan pada rumusan pertanyaan 5W+H atau ANAK SIMBA
Siswa diminta mengajukan  pertanyaan untuk mengkritisi persoalan penting yang terdapat dalam berita
Siswa berdiskusi kelompok dan masing-masing siswa diminta tanggapan persetujuan/ketidaksetujuan atas beberapa masalah krusial yang telah diidentifikasi
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri /Kelompok: mendengarkan berita , menjawab pertanyaan pemahaman isinya, dan memberikan tanggapan secara kritis.

Pertemuan ke-2 (45’)
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri /Kelompok: mendengarkan berita , menjawab pertanyaan pemahaman isinya, dan memberikan tanggapan secara kritis.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                            
 SUMBER BELAJAR

v
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
 Menyimak dan Strategi Pembelajarannya karya Yulianan Setyaningsih dalam Buku Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah terbitan Universitas Sanata Dharma halaman 13-28
v
Material: VCD, kaset, poster
Kaset rekaman berita TV bertajuk Tidak memasang bendera warga didenda, ditayangkan SCTV Liputan 6 , 18 Agustus 2006

v
Mediacetak dan elektronik
Artikel/gambar koran atau majalah yang bertopik nasionalisme

Website internet


Narasumber


Model peraga

v
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Daftar pertanyaan lisan untuk menggali pokok-pokok informasi berita
Daftar permasalahan  dari berbagai informasi berita dan   tugas untuk menyatakan sikap persetujuan atau ketidaksetujuan
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

  Blangko observasi kinerja memberikan tanggapan informasi berita. (terlampir di bawah)



FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN

NAMA                          :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN            :
KOMPETENSI DASAR             :  Menanggapi siaran atau informasi dari  media   elektronik (berita dan nonberita)



ASPEK


RINCIAN
NILAI

 KURANG

CUKUP
BAIK
 AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)




ISI TANGGAPAN
Sesuai dengan topik berita




Kritis/mendalam/tajam
Ide asli dan aktual
Gagasan  logis dan realistis
Didukung  akasan, bukti serta referensi memadai

SISTEMATIKA
TANGGAPAN
Dibuka dengan  pengantar /latar belakang




Ada   pernyataan utama di awal
Ada  gagasan penjelas / pengembang di tengah  
Ada kesimpulan/penegasan   dan saran di akhir

BAHASA TANGGAPAN
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, khusus, variatif, baku
Struktur kalimat  tepat dan baku
Artikulasi dan intonasi tepat

ETIKA
Menghargai pendapat orang lain




Tidak emosional
Kata-katanya santun
Sesuai alokasi  waktu

JUMLAH SKOR








No comments: