RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 2
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita |
KOMPETENSI DASAR | Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat |
INDIKATOR | Mampu mengidentikasi butir-butir pokok yang terdapat dalam tuturan perkenalan diri Mampu mengidentifikasi butir-butir penting dan tidak penting dalam tuturan perkenalan diri Mampu memperkenalkan diri narasumber dengan sistematika, bahasa, dan isi secara tepat Mampu memilih kata sapaan secara tepat pada saat memperkenalkan diri narasumber Mampu memilih kata ganti diri yang tepat saat memperkenalkan diri di hadapan massa |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat Siswa mampu menggunakan kata sapaan dan kata ganti diri secara tepat pada saat memperkenalkan diri narasumber |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Kalimat memperkenalkan diri Pokok-pokok pikiran / isi yang harus diutarakan dalam memperkenalkan diri Pemilihan kata sapaan yang tepat terhadap narasumber Pemilihan kata /diksi |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menanyakan kepada siswa siapa yang pernah mengikuti forum-forum pertemuan ilmiah, seperti seminar/lokakarya dan siapa pula yang pernah menjadi moderator acara seperti itu. Siswa diajak untuk menginventaris susunan acara seminar atau forum-forum ilmiah lain yang pernah diikuti Siswa diajak untuk menyadari pentingnya pengenalan diri narasumber dalam forum ilmiah tersebut |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) |
Siswa menyaksikan rekaman audio visual bagian pembukaan acara seminar/forum ilmiah yang terdapat sesi perkenalan diri (siswa menyaksikan peragaan perkenalan diri berdasarkan transkrip yang telah disiapkan. Siswa diajak mengidentifikasi butir-butir pokok yang terdapat dalam tuturan perkenalan diri Siswa berdiskusi dengan teman semeja untuk mengidentifikasi butir-butir penting dan tidak penting dalam tuturan perkenalan diri Siswa diajak untuk mencermati pemakaian kata sapaan dalam tuturan perkenalan diri Siswa mengumpulkan bahan dan menyusun transkrip untuk memperkenalkan diri narasumber yang telah ditentukan | |
Pertemuan ke-2 (90’) | |
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri: siswa berlaku sebagai moderator dan memperkenalkan diri narasumber dalam sebuah simulasi kelompok. (Bila memungkinkan penampilan setiap siswa direkam dengan handicam) Siswa berlaku sebagai narasumber dan memperkenalkan dirisendiri dalam sebuah simulasi kelompok Guru memutarkan rekaman hasil Uji Kompetensi Diri dan memberikan ulasan dan tanggapan atas unjuk kemampuan siswa. Siswa diminta untuk mengevaluasi diri sendiri, apa yang menjadi kekurangan dan kelebihannya. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting dalam memperkenalkan diri yang telah dipelajari Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
v | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia karya Hasan Alwi dkk terbitan Balai Pustaka tahun 2007 halaman |
v | Material: VCD, kaset, poster | VCD jalannya seminar pada sesi perkenalan diri narasumber |
v | Mediacetak dan elektronik | |
v | Website internet | |
| Narasumber | |
v | Model peraga | |
v | Lingkungan | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
| Tes Tertulis | |
v | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk memperagakan sebagai moderator dan mempernalkan diri narasumber Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi kinerja memperkenalkan diri narasumber (terlampir di bawah) |
FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
ASPEK | RINCIAN | NILAI | |||
KURANG | CUKUP | BAIK | AMAT BAIK | ||
D (10) | C (15) | B (20) | A (25) | ||
ISI | Data narasumber lengkap dan proporsional sesuai kebutuhan | | | | |
Data narasumber akurat | |||||
Data narasumber aktual | |||||
SISTEMATIKA | Dibuka dengan kata pembuka | | | | |
Menggunakan urutan topik | |||||
Berpola : penting ke tidak penting, umum ke khusus | |||||
Diakhiri dengan kata penutup | |||||
BAHASA | Kalimat efektif dan komunikatif | | | | |
Diksi tepat, khusus, variatif, baku | |||||
Struktur kalimat tepat dan baku | |||||
Artikulasi dan intonasi tepat | |||||
Bergaya bahasa /kiasan | |||||
ETIKA DAN EKSPRESI | Tatapan mata merata dan teratur | | | | |
Mimik penuh ekspresif | |||||
Percaya Diri | |||||
Sesuai alokasi waktu | |||||
JUMLAH SKOR | | | | |
No comments:
Post a Comment