Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X RPP9




RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor 9

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara

STANDAR KOMPETENSI
Membahas cerita pendek melalui kegiatan  diskusi       

KOMPETENSI DASAR
Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan  diskusi 

INDIKATOR
Menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai dalam karya sastra khususnya cerpen
Mengidentifikasi nilai-nilai budaya, moral, agama, dan politik dalam cerpen
Menentukan nilai-nilai dalam sastra yang selaras dengan situasi hidup kini dan factual
Mengkomunikasikan  pendapatnya tentang nilai-nilai sebuah cerpen melalui presentasi

ALOKASI WAKTU
3 X 45 menit  (  2 x pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu mengungkap nilai moral, agama, dan politik    cerita pendek melalui kegiatan  diskusi 

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Naskah cerita pendek
Nilai budaya dalam cerpen
Nilai moral dalam cerpen
Nilai agama dalam cerpen
Nilai politik dalam cerpen


METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa   manfaat   membaca karya sastra seperti cerpen, novel selain mendapat penghiburan
Guru membacakan cuplikan sebuah cerpen/novel dan menunjukkan nilai yang bisa dipetik
Guru mengajak siswa menyadari bahwa dalam setiap cerita ada nilai yang berguna.



INTI
Pertemuan ke-1 (45’)
Guru menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra
Siswa membaca teks cerpen ”Ebola” karya Soeprijadi Tomodihardjo.
Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman  isi cerpen yang dilisankan oleh Guru.

Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa berdiskusi kelompok untuk mengidentifiksi nilai-nilai budaya, moral, agama, politik dalam cerpen.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan ditanggapi bersama.
Guru merangkum dan memberi ulasan terhadap hasil presentasi.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang   nilai-nilai  sastra  yang telah dipelajari
Guru memotivasi siswa untuk  lebih banyak   membaca karya satra  dan mampu menangkap nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

 SUMBER BELAJAR


Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya, karya Frans Mido terbitan Nusa Indah tahun 1994 halaman


Material: VCD, kaset, poster

v
Mediacetak dan elektronik

v
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Daftar pertanyaan lisan pemahaman isi cerpen
Daftar pertanyaan seputar nilai sastra untuk didiskusikan siswa dan dipresentasikan di depan kelas.
Daftar pertanyaan tertulis untuk menguji penguasaan konsep tentang nilai-nilai sastra

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi diskusi kelompok (terlampir)

No comments: