RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 17
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen |
KOMPETENSI DASAR | Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat |
INDIKATOR | Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 x pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks Puisi Lafal Tekanan Intonasi Jeda Pemenggalan kata, frasa |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
| Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menanyakan kepada siswa siapa yang pernah menjuarai lomba baca puisi. Bila ada diminta ke depan kelas untuk mempertunjukkan kebolehannya. Guru memutarkan VCD rekaman peserta terbaik lomba baca puisi. |
INTI | Pertemuan ke-1 (90’) |
Siswa diajak untuk menanggapi apa yang dilakukan peserta lomba /peraga tersebut sehingga penampilannya bagus. Guru memutarkan VCD rekaman peserta lomba baca puisi yang kurang baik. Siswa diajak untuk menanggapi dan memberi masukan atas kekurangan-kekurangan yang telah ditampilkan. Siswa berdiskusi untuk merumuskan teknik dan hal-hal yang harus diperhatikan saat membaca puisi. Hasil diskusi dibacakan di depan kelas Guru merangkum dan menyempurnakan hasil diskusi . Siswa memilih puisi dan berlatih membacakan puisi dalam kelompok. | |
Pertemuan ke-2 (90’) | |
Secara bergantian siswa maju ke depan kelas untuk membacakan puisi. Bila memungkinkan guru merekam penampilan setiap siswa. Sambil menyaksikan penampilan teman, siswa yang lain memberikan penilaian dengan blangko observasi yang telah disiapkan Guru. Guru memutarkan kembali VCD (jika ada) rekaman penampilan siswa untuk dievaluasi bersama. Dengan melihat penampilannya, siswa diminta untuk menilai sendiri apa yang menjadi kekurangan dan kelebihannya. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal kuis uji teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang pembacaan puisi yang telah dipelajari Guru memotivasi siswa untuk semakin berani mengekespresikan diri dengan membaca puisi sehingga kemampuannya semakin baik. Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
v | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Sajal-sajak Perjuangan dan Nyanyian Tanah Air, karya Oyon Sofyan (Editor) terbitah OBOR halaman Apresiasi Puisi dan Prosa karya Putu Arya Tirtawirya terbitan Nusa Indah halaman |
v | Material: VCD, kaset, poster | VCD rekaman contoh pembacaan puisi (dalam suatu perlombaan) |
| Mediacetak dan elektronik | |
| Website internet | |
| Narasumber | |
v | Model peraga | Siswa di kelas yang berkemampuan baik membaca puisi |
| Lingkungan | Lingkungan kelas |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
| Tes Tertulis | |
v | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Perintah/tugas untuk membacakan puisi di depan kelas Perintah untuk memberikan tanggapan / komentar atas penampilan pembacaan teman. Daftar pertanyaan tertulis Kuis Uji Teori | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi dan penilaian unjuk kemampuan baca puisi (terlampir di bawah) |
No comments:
Post a Comment