Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X RPP12



RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor 12

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
Membahas cerita pendek melalui kegiatan  diskusi       

KOMPETENSI DASAR
Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek  melalui kegiatan  diskusi 

INDIKATOR
Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.
Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen

ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit ( 2 X pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN DAN MATERI POKOK

TUJUAN
Siswa semakin menghargai dan gemar membaca cerita pendek
Siswa mampu menemukan sendiri hal-hal menarik dalam cerita pendek yang dibacanya
Siswa mampu mendiskusikan unsur-unsur intrinsic cerita pendek

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Naskah cerita pendek
isi cerpen
hal yang menarik dalam cerita pendek
unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung


METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada seluruh siswa siapa yang tidak pernah, jarang, dan sering membaca cerpen. Siswa yang sering membaca diminta men-sharingkan alasan ketertarikan, motivasi, serta manfaat membaca cerpen.
Guru membacakan sepenggal cerpen yang manarik dan meminta siswa mengungkapkan hal menarik dari cerpen tersebut dengan alasan



INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa diminta membaca teks cerpen berjudul Ayah dan Ibu karya Pearl S. Buck
Siswa menjawab pertanyaan lisan dari guru seputar isi dan unsur intrinsik cerpen
Siswa mendiskusikan hal-hal menarik dari cerpen

Pertemuan ke-2 (45’)
Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di hadapan teman kemudian ditanggapi bersama
Guru merangkum dan mengulas hasil presentasi

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal kuis uji teori untuk mereview konsep-konsep penting  seputar cerpen  yang telah dipelajari
Guru memotivasi siswa untuk semakin gemar membaca cerpen dan menyampaikan   tugas Geladi Mandiri  membaca cerpen   
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

 SUMBER BELAJAR


Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya, karya Frans Mido terbitan Nusa Indah tahun 1994 halaman


Material: VCD, kaset, poster
Teks cerpen

Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Daftar pertanyaan lisan seputar isi dan unsur intrinsik cerpen
Tugas untuk mendiskusikan hal-hal menarik dari cerpen.
Tugas untuk membaca cerpen di rumah dan melaporkan hasilnya
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
  Blangko observasi diskusi kelompok (terlampir)

No comments: