Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X RPP5




 RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor 5

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca

KOMPETENSI DASAR
Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)
INDIKATOR
Membaca teks nonsastra dengan kecepatan 250 kpm
Menyebutkan kebiasaan yang dapat memperlambat baca cepat
Menjelaskan berbagai teknik untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat
Menghitung kecepatan membaca cepat diri sendiri dan orang lain
Mengidentifikasi ide pokok paragraf

ALOKASI WAKTU
 2 x  45 menit   (1 X pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks nonsastra di atas 250 kata
Teknik  membaca cepat  dan cara meningkatkannya
Rumus menghitung kecepatan membaca cepat
Sejumlah kebiasaan yang dapat menghambat kecepatan membaca
Fungsi membaca cepat dalam kehidupan sehari-hari


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru  menyuruh  semua siswa membaca  dalam hati sebuah  teks bacaan nonsastra dalam buku cetak . Setelah satu menit, siswa diminta berhenti dan beberapa siswa diminta melaporkan sampai dimana teks yang sudah dibaca.
Guru menyimpulkan kecepatan membaca beberapa siswa dan menyampaikan bermacam kebiasaan membaca siswa berdasarkan hasil observasinya.
Guru menyampaikan sekilas tentang batasan dan teknik, dan fungsi  membaca cepat



INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Siswa membaca potongan-potongan paragraf dan mengidentifikasi ide pokoknya
Siswa membaca cepat teks ”Hasil Kampanye Sabuk Pengaman Jalan di Tempat” yang tersaji pada buku teks
Siswa menghitung sendiri kecepatan membacanya dengan rumus yang telah diajarkan
Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok paragraf berdasarkan petunjuk kata kunci setiap paragraf
Siswa melakukan evaluasi diri atas kemampuannya dalam membaca cepat dan menemukan penyebabnya
Siswa berlatih memperluas jangkauan mata baca dan  memusatkan  kosentrasi untuk meningkatkan keterampilannya dalam membaca cepat

Pertemuan ke-2

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview dan mengukur sejaum mana siswa menguasai konsep-konsep penting   tentang seputar membaca cepat yang telah dipelajari
Guru mendorong siswa untuk terus berlatih membaca cepat untuk meningkatkan kompetensinya
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

 SUMBER BELAJAR


Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Speed Reading  karangan Soedarso terbitan PT Gramedia tahun halaman

Material: VCD, kaset, poster


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

v
Model peraga


Lingkungan


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Perintah untuk membaca cepat dengan teknik yang benar dan menilai sendiri tingkat kemampuannya
Tugas untuk mengidentifikasi ide pokok paragraf teks bacaan
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk   mengukur  konsep-konsep penting   tentang seputar membaca cepat yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rumus menghitung KEM (Kecepatan Efekti Membaca)

Jumlah kata dalam teks
------------------------------- X ...% Pemahaman =..kpm (kata per menit)
Waktu baca per menit

Prosentase pemahaman:  skor    diraih  (misal7) dibagi  skor tertinggi  (missal 10) dikalikan 100%  sama dengan  (70%).

Misal:
Jumlah kata teks:  600; waktu baca  4 menit; persentase pemahaman 70%. Maka KEM= 600:4 x 70% =105 kpm.

Menurut Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan tingkat pemahaman 75%, KEM ideal adalah:
siswa (kelas akhir) SD  100-150 kpm,
siswa (kelas akhir) SLTP 300 kpm, dan
siswa (kelas akhir) SLTA 350 kpm

No comments: