06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X RPP4




UNIT    2        KESELAMATAN                                                             (halaman           s.d.             )

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  4

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

KOMPETENSI DASAR
Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 

INDIKATOR
Menjawab pertanyaan pemahaman isi bacaan
Mampu mengidentifikasi masalah-masalah penting dalam teks bacaan
Menginventaris kata-kata sulit dalam artikel dan menjelaskan artinya secara tepat
Mengidentifikasi opini penulis
Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan

ALOKASI WAKTU
 3x  45 menit   (2 X pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu mengidentifikasi masalah-masalah penting dalam teks bacaan dan memecahkannya melalui kegiatan berdiskusi.


MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks berita, artikel, buku  yang berisi informasi aktual  (tentang keselamatan)
Cara  mengidentifikasi masalah dalam berita/artikel
Opini penulis dalam artikel
Daftar kata sulit dan maknanya
Cara merumuskan masalah untuk dijadikan bahan diskusi
Tatacara berdiskusi yang benar

METODE PEMBELAJARAN

V
Presentasi

V
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru membacakan berita atau  membahas  kasus aktual tentang kecelakaan yang merenggut banyak korban
Siswa  diminta tanggapannya atas peristiwa tersebut: mengapa bisa terjadi, siapa yang  bersalah, siapa yang bertanggung jawab, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi atau mengurangi terulangnya musibah tersebut, dsb.



INTI
Pertemuan ke-1 (45’)
Siswa membaca secara intensif artikel surat khabar ”Mendobrak Mafia yang Tak Tersentuh” yang tersaji pada buku teks.
Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi bacaan.
Siswa menginventaris kata-kata sulit dan frase idiom dalam teks dan menjelaskannya.
Siswa mengidentifikasi masalah-masalah penting dalam teks dan merumuskannya dalam beberapa kalimat pertanyaan.

Pertemuan ke-2 (90’)
Siswa berdiskusi kelompok untuk memecahkan masalah-malasah penting yang telah teridentifikasi.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi di  depan kelas

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Guru menegaskan pentingnya aspek keselamatan dalam setiap aktivitas dan menggunakan cara diskusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

 SUMBER BELAJAR


Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Kamus Besar Bahasa Indonesia  karya Departemen Pendidikan dan Kebudayaan terbitan Balai Pustaka


Material: VCD, kaset, poster
Gambar suatu peristiwa kecelakaan, misalnya mobil menabrak / tabrakan, pekerja bangunan yang tersengat listrik
v
Mediacetak dan elektronik
Berita di koran tentang kecelakaan ker, transportasi, dsb

Website internet


Narasumber


Model peraga

v
Lingkungan


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas individu untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dalam arikel berita
Tugas  untuk mengidentifikasi dan menjelaskan  kata-kata sulit dalam teks
Tugas kelompok untuk mendiskusikan permasalahan yang telah diidentifikasi
Tugas kelompok   untuk mempresentasikan hasil diskusi

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
  Blangko observasi /penilaian diskusi kelompok (terlampir di bawah)


BLANGKO OBSERVASI  KINERJA INDIVIDU
DALAM DISKUSI KELOMPOK

NAMA                                      :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN                        :
KOMPETENSI DASAR             :  Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari  berbagai berita, artikel, atau buku)  



ASPEK


RINCIAN

NILAI

KURANG

CUKUP
BAIK
AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)



 SIKAP
Terlibat  secara aktif  dan penuh inisiatif




Prosedural dan kooperatif terhadap aturan main
Memperhatikan dan menghargai   pendapat orang lain

BAHASA

Runtut, terstruktur dengan baik




Komunikait   (mudah dipahami)
Efektif (singkat dan jelas)
Diksi variatif dan tepat konteks
Baku


KUALITAS PENDAPAT /
GAGASAN
Pembicaraan   tidak menyimpang dari topik dan menyasar ke substansi persoalan




Gagasan    orisinal dan kreatif (tidak meniru)
Usulan  disertai alas an logis  / bukti pendukung
Konsisten atas pendapatnya sendiri
Menggunakan referensi/rujukan

JUMLAH SKOR






No comments: